Proses Pembuatan Baju Di Pabrik Baju Bayi

proses jahit jumper bayi Nuqtoh

proses jahit jumper bayi Nuqtoh

Jika anda berjalan jalan ke daerah bandung khususnya, anda akan mudah menemukan pabrik baju bayi dan baju-baju dewasa lainnya. Disana anda akan dengan mudah dapat mengetahui bagaimana sebuah baju dibuat dari bahan mentah sampai pada pendistributoran. Meski pabrik menggunakan mesin, namun pabrik tetap saja membutuhkan tenaga manusia untuk dapat mengendalikan kinerja mesin.

Proses pembuatan baju di pabrik baju

Umumnya pabrik baju bayi dan baju dewasa dalam membuat baju memulai pada proses design/sketch, dimana pada proses ini para desainer menuangkan idenya untuk merancang baju dan menuangkannya ke atas kertas sketsa. Setelah panel designer memilih desain yang terbaik, kemudian desain itu dilanjutkan untuk dibuat pola. Dalam proses pembuatan pola, ditentukan podrafting untuk menciptakan sampel baju sampai layak uji.

Dalam proses pembuatan di pabrik baju bayipun harus melalui langkah selanjutnya, yaitu membuat sample ke tenaga jahit. Ketika sample di anggap layak oleh panel designer, maka langkah selanjutnya adalah memproduksi pola. Pattemmarker lalu membuat pola pada kertas pembuatan pola. Dimana pola baju di buat dengan dua cara, yaitu cara manual dan cara cad/cam. Proses selanjutnya adalah proses grading, dimana pabrik baju bayi menentukan seberapa panjang dan lebar kain untuk di buat satu model. Computer software akan membantu proses penentuan ukuran sehingga dapat diketahui banyak kain yang dibutuhkan dalam sekian pemesanan. Pada proses grading ini merupakan proses yang menentukan ukuran s, m, l, xl, xxl.

Langkah selanjutnya dalam produksi di pabrik baju bayi adalah proses memotong kain dengan bentuk yang sudah di tentukan. Setelah dipotong, kain di sortir kemudian di buat bundle. Selanjutnya adalah proses sewing dimana pada proses ini unit jahit di beri tugas untuk menjahit bagian-bagian tertentu guna mengurangi produk yang gagal. Contohnya ada satu bagian yang khusus menjahit bagian lengan, kemudian satu bagian lagi menjahit bagian kerah, dan begitupun seterusnya.

Langkah selanjutnya dalam pembuatan baju di pabrik baju bayi adalah proses inspeksi yaitu proses seleksi hasil jahitan yang layak untuk di pasarkan. Setelah menentukan produk yang layak untuk dipasarkan, operator bagian finishing tinggal menggerakkan mesin setrika agar pakaian menjadi rapi dan tidak kusut. Selanjutnya baju masuk pada proses seleksi yang terakhir oleh pabrik baju bayi untuk menentukan kembali baju yang telah siap diedarkan ke pasar. Sehingga produk yang siap edar sudah dipastikan siap untuk dihadapkan pada para pembeli dipasaran. Setelah proses finishing ini selesai, pabrik melemparkan produk ke distributor untuk di sebar luaskan ke pasaran.

Bijak terhadap baju bayi

Setelah anda mengetahui serangkaian pembuatan baju sekalipun pabrik baju bayi, anda tentu akan lebih selektif dalam pemilihan dan perlakuan baju bagi baby tentunya. Baju bayi yang baru anda peroleh dipasaran harus anda sterilkan terlebih dahulu sebelum anda kenakan pada si buah hati, hal ini diperlukan agar kuman dan bakteri yang bertebaran dari pabrik hingga penjual akhir yang sampai ke tangan anda hilang. Lihat www.nuqtoh.com anda akan mendapatkan informasi bijak dalam memilihkan baju terbaik bagi baby anda. Selamat berkarya.