5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Dikepung Kabut Asap

5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Dikepung Kabut Asap

Masih panas di telinga kita, kebakaran lahan di provinsi Riau dan sekitarnya yang banyak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan, dan juga infeksi saluran pernapasan akut. Tidak sedikit, kita dengar di berbagai media pemberitaan banyak anak-anak yang turut menjadi korban dalam musibah ini.

Lalu, bagaimana bila buah hati berada di lokasi yang dikepung kabut asap? Atau saat mereka tidak bisa meninggalkan aktivitas mereka di luar rumah? Berikut adalah 5 tips menjaga kesehatan anak saat dikepung kabut asap:

  1. Tutup pintu dan jendela rapat-rapat

Apabila kepungan asap sudah melewati batas indeks standar polutan, Anda jangan ragu untuk menutup rapat pintu dan jendela rumah. Beri pengertian pada si kecil bahwa, saat ini bukan waktu yang tepat untuk bermain di luar rumah. Beri mereka mainan atau kesibukan seperti menonton film atau membaca buku untuk menghalau rasa bosan mereka berada di rumah.

 

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih dapat melunturkan partikel-partikel buruk yang dibawa oleh asap. Di saat kepungan asap, beri si kecil minum air putih lebih banyak dari biasanya sebagai upaya detoksifikasi alami dari dalam tubuh.

  1. Perbanyak makanan yang bergizi

Sistem imun yang kuat sangat diperlukan untuk menghadapi pencemaran udara yang kotor akibat asap pembakaran. Perbanyak mengonsumsi makanan yang bergizi seperti 4 sehat 5 sempurna. Namun, ketika keadaan genting seperti ini disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan Omega-3. Makanan-makanan tersebut dapat Anda temukan pada apel, tuna, sarden, jeruk, kiwi, pepaya, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

  1. Pakai masker bila beraktivitas di luar

Tidak bisa dipungkiri, akan ada aktivitas luar rumah yang tak bisa ditinggalkan. Mungkin Anda harus berbelanja ke pasar akibat tidak ada tukang sayur yang datang dan Anda tak bisa meninggalkan si kecil sendirian di rumah. Boleh saja mengajak si kecil keluar rumah, meski disarankan bukan untuk waktu yang lama. Anda dan si kecil bisa menggunakan masker untuk melindungi kesehatan dari serangan asap yang jahat.

  1. Membersihkan badan setelah beraktivitas di luar rumah

Setiap kali Anda dan si kecil selesai beraktivitas di luar rumah, sebaiknya Anda bersihkan badan agar terhindar dari dampak partikel jahat yang dibawa oleh asap. Anda dan si kecil bisa mencuci tangan dan muka. Ada baiknya, anda dan si kecil mandi dan membersihkan badan dengan sabun agar lebih optimal dalam menghilangkan jejak-jejak asap.

Selamat mencoba kelima tips menjaga kesehatan anak saat dikepung kabut asap. Semoga Anda dan kelurga sehat selalu.