Tips Merawat Kaos Keluarga Anda

KAOS KELUARGA2

Kaos memang menjadi pakaian favorit bagi setiap orang. Selain nyaman untuk digunakan sehari-hari, kaos juga mudah dalam perawatannya. Namun banyak dari kita biasanya mengabaikan perawatan untuk kaos yang kita miliki. Tak heran jika kaos yang kita miliki pun warnanya cepat kusam, ukurannya melar, hingga tidak bagus lagi tampilannya karena kita tidak melakukan perawatan yang benar untuk kaos yang kita miliki. Meskipun terlihat sepele, namun sebenarnya penting untuk merawat kaos yang kita miliki agar tidak cepat rusak dan tetap bagus dipakai meskipun usianya sudah lama. Apalagi jika kaos yang kita miliki adalah kaos yang bermerek atau kaos kenang-kenangan dari seseorang, tentu sayang sekali jika kaos tersebut tidak kita rawat dengan baik sehingga cepat rusak dan tidak layak dipakai lagi. Untuk itu di bawah ini ada beberapa tips mengenai cara perawatan kaos yang bisa Anda lakukan untuk merawat kaos keluarga murah kesayangan Anda agar tetap terlihat bagus meskipun harganya murah

  1. Ketika Anda mencuci kaos kesayangan Anda maka jangan direndam terlalu. Durasi lamanya Anda merendam kaos kira-kira sekitar 30 menit hingga 1 jam. Pada saat merendam juga jangan menggunakan deterjen yang belebihan. Penggunaan deterjen yang berlebihan dapat mengakibatkan kain kaos kesayangan Anda akan cepat rusak atau terkelupas. Begitu pula dengan sablon pada kaos Anda akan lebih cepat mengelupas jika terkena deterjen berlebihan.
  2. Pernahkah Anda merasa kesal karena kaos kesayangan Anda luntur sehingga warnanya tidak menarik lagi? Jika Anda pernah merasakan pengalaman buruk seperti itu maka kini saatnya Anda memisahkan kaos Anda dengan pakaian lainnya. Sehingga ketika kaos kesayangan Anda luntur atau pakaian Anda luntur maka tidak membuat kaos kesayangan Anda warnanya menjadi jelek. Apalagi jika kaos Anda yang terkena lunturan pakaian lainnya berwarna putih maka warnanya tidak akan bisa kembali putih bersih seperti semula lagi. Selain memisahkan kaos dengan pakaian yang luntur, Anda harus mulai memisahkan kaos yang bewarna dengan kaos putih sehingga tidak mencampurnya ketika mencuci. Selain itu pisahkan pakaian yang kotor dengan yang tidak terlalu kotor sehingga kotoran tidak akan berpindah.
  3. Anda suka menyikat kaos agar terlihat bersih ketika mencuci? Maka saatnya Anda menghentikan kebiasaan tersebut. Menyikat kaos dapat merusak kaos yang berbahan katun. Sehingga selain dapat membuat sablonan cepat pudar, kaos yang disikat juga akan cepat melar. Selain tidak diperbolehkan menyikat kaos, Anda juga jangan mengucek dan memeras kaos terlalu keras. Cukup rendam dengan deterjen secukupnya dan ketika ada noda yang membandel maka Anda cukup menguceknya pada area kaos yang terkena noda tersebut. Peraslah dengan cara menganin-anginkan kaos sehingga tidak merusak sablonan kaos.
  4. Paparan sinar matahari langsung dapat membuat pakaian lebih cepat pudar. Untuk itu bagi Anda yang memiliki kebiasaan menjemur kaos secara langsung di bawah sinar matahari maka hentikanlah kebiasaan tersebut. Menjemur kaos di bawah sinar matahari langsung akan membuat kaos kesayanganmu cepat pudar sehingga warnanya tidak akan eye catching lagi ketika dipakai. Apalagi jika kamu memiliki kaos hitam dan sering menjemurnya di bawah terik matahari maka bisa jadi dalam waktu yang singkat kaos kesayanganmu akan berubah warna.
  5. Ketika menjemur kaos juga usahakan tidak menggunakan hanger yang bisa membuat kaos melar pada bagian lehernya. Kaos tersebut dapat melar akibat tidak kuat menahan beban air yang ada pada kaos saat masih basah. Selain itu usahakan untuk tidak menggantung kaos pada tali atau kawat jemuran langsung, karena permukaan dari tali atau kawat akan merusak tekstur kaos. Alternatifnya maka kamu dapat menggunakan jemuran alumunium yang permukaannya halus.
  6. Jika Anda berniat untuk memutihkan kaos kesayangan Anda yang bersablon dengan menggunakan pemutih maka sebaiknya jangan lakukan hal tersebut. Pemutih selain bisa merusak warna sablon pada kaos kesayangan Anda juga bisa membuat kaos lebih cepat tipis dan kasar. Sehingga jika ingin menghilangkan noda pada kaos maka Anda bisa menggunakan deterjen penghilang noda pada area kaos yang terkena noda dan menguceknya secara perlahan. Cara tersebut lebih efektif daripada menggunakan pemutih. Namun jika ingin kaos putih Anda tampak lebih putih maka Anda bisa memisahkannya dari pakaian lain ketika mencuci sehingga warnanya tetap terjaga.
  7. Penggunaan mesin cuci tidak dianjurkan pada beberapa bahan kaos. Biasanya larangan menggunakan mesin cuci sudah terdapat pada simbol yang terdapat pada hangtag kaos. Namun seringkali kita mengabaikannya sehingga kualitas kaos yang kita miliki cepat menjadi jelek. Mencuci kaos dengan mesin cuci akan membuat kaos melar, sablon cepat rusak dan pori-pori kasar. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan kaos digesek dengan pakaian lainnya.
  8. Sebenarnya kaos adalah pakaian yang tidak perlu di setrika. Ketika Anda menjemurnya hingga kering dan langsung melipatnya maka kaos pun tidak akan terlihat kusut. Beberapa kaos ada yang diperbolehkan untuk di setrika ada pula yang tidak. Hal tersebut tergantung dari bahan yang digunakan dalam pembuatan kaos. Namun ketika kaos Anda terlihat sangat kusut maka setrikalah bagian kaos yang tidak terdapat sablon. Jika kaos yang Anda miliki adalah kaos full printed maka Anda bisa membaliknya dan menyetrika kaos dari dalam. Cara tersebut berguna untuk menghindari sablonan cepat pudar namun tetap bisa membuat kaosmu terlihat rapi.
  9. Untuk Anda yang sering menggunakan kaos ketika berada di luar maka setelah seharian memakai kaos sebaiknya langsung dicuci atau direndam. Hal tersebut akan membuat noda yang menempel di kaos bisa mudah untuk dihilangkan. Apalagi setelah seharian di pakai beraktivitas di luar biasanya banyak kotoran yang menempel pada bagian leher kaos akibat keringat. Maka dari itu jika kaos tidak langsung dicuci, kotoran yang menempel pada bagian leher kaos atau bagian lainnya akan susah untuk dihilangkan. Agar lebih mudah menghilangkan noda pada kaos maka Anda bisa memberikan deterjen penghilang noda pada bagian yang terkena noda bandel.
  10. Tips terakhir agar kaos kesayangan Anda tetap awet maka jangan terlalu sering mengenakannya. Pakaialah kaos kesayangan Anda seperlunya dan simpan di tempat kering ketika tidak dipakai. Jangan cuci kering pakai jika tidak ingin kaos kesayangan Anda cepat pudar, melar dan kurang bagus lagi untuk dipakai. Selalu tambahkan pewangi pada lemari Anda agar kaos Anda terhindar dari berbagai macam serangga.

 

Beberapa tips tersebut dapat langsung Anda praktekkan untuk merawat kaos kesayang Anda maupun kaos keluarga online yang harus Anda jaga tampilannya. Dengan melakukan perawatan yang benar maka kaos Anda dan keluarga dapat tetap bagus meskipun telah berusia lama. Ketika melakukan perawatan kaos keluarga Jakarta yang Anda miliki juga harus memperhatikan informasi simbol yang ada pada hangtag kaos. Sehingga Anda tidak salah langkah ketika merawat kaos kesayangan Anda dan keluarga.