Tips Mengenalkan Anak pada Alam

tips-mengenalkan-anak-pada-alam

Selamat pagi, para orang tua di rumah. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pentinya pengenalan alam semesta terhadap anak. Pengenalan alam semsta memang sangat penting karena dengan begitu bisa memupuk rasa penyayang, disiplin, mudah beradaptasi, mudah bersosialisasi, terbuka, dan pandai bersyukur. Banyak sekali bukan manfaatnya?

Lalu jika kita telah mengetahui begitu banyak manfaat dari kegiatan tersebut, mengapa kita tak mencobanya? Mengapa kita tak mulai mengenalkan anak pada alam sekitarnya? Hal ini tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika anak anda selama ini sudah terbiasa berada di dalam rumah atau anda sendiri merupakan tipe orang tua yang selalu terlalu mencemaskan anak.

Oleh karena itu pada artikel kali ini, kita akan membahas tips mengenalkan anak pada alam. Tips ini berrtujuan untuk menjembatani atau mempermudah kegiatan pengenalan alam terhadap anak kita. Mari simak tips di bawah ini dengan seksama:

  1. Pilih pakaian yang fleksibel

Pilihkan pakaian yang fleksibel, yang sesuai dengan aktivitas anak. Misal memilihkan kaos untuk anak bermain di luar rumah. Kaos yang santai dan nyaman dipakai saja cukup, tak perlu yang mahal.

Jika anda menginginkan kaos anak branded namun tetap dengan harga terjangkau, anda bisa mulai melirik ‘nuqtoh’ sebagai produsen kaos anak muslim yang bisa anda percaya.

Orang tua terutama para ibu sering pula melarang anak main di luar karena takut pakaian kotor.

Sebaiknya pikiran ini juga harus dihindari. Karena hal ini bisa sangat menghambat aktivitas anak di luar rumah.

  1. Bawakan bekal

Takut terlalu lama bermain di luar membuat anak anda kelaparan? Dan takut jaajanan di luar sana tidak higienis dan malah bisa membuat anak diare? Tak semestinya pikiran tersebut menghalangi anak anda untuk beraktivitas di luar rumah.

Bekal adalah solusinya. Bawakan bekal untuk dimakan di luar rumah. Selain sehat dan murah, bekal juga bisa mengajarkan anak untuk saling berbagi. Bekal pula yang akan tetaap mengingaatkan aanak akan rumahnya ketika ia berada di luar sana.

  1. Awasi dari jarak tertentu

Awasi anak dari jarak tertentu ini sifatnya relative. Jarak yang dibutuhkan bergantung sesuai dengan usia anak anda. Semakin muda usianya, semakin dekat pula jarak pengawasan terhadap anak anda. Hal ini karena anak kecil masih belum bisa mengendalikaan diri mereka sebaik anak-anak yang lebih tua darinya.

Pada anak balita dampingilah mereka tepat di sampingnya. Anak balita belum benar-benar mampu membedakan mana hal yang berbahaya dan mana yang tidak. Untuk anak usia sekolah dasar, sebaiknya jangan terlalu dekat dan sering dalam mendampingi mereka.

  1. Pilihlah tempat yang bervariasi

Bosan juga kalau setiap akhir pecan pergi ke tempat yang sama. Lama-lama anak bisa merasa malas untuk beranjak keluar rumah. Ajaklah anak ke berbagai macam tempat agar ia tak bosan.

Misalnya minggu ini ke kebun binatang, minggu depan ke kebun bibit, dan minggu depannya lagi ke kebun raya. Dengan demikian rasa ingin tahu anak akan semakin tinggi karena ia mengunjungi tempat yang belum pernah dikunjunginya.

  1. Pilihkan bacaan dan tontonan televisi yang sesuai

Membaca adalah hobi yang baik. Untuk mengenalkan anak pada alam, belikan ensiklopedi tentang alam. Berlangganan majalah seperti national geographic juga tak ada salahnya.

Siapa bilang menonton televise itu buruk? Selama kita bisa memilih tontonan yang baik untuk anak dan mendampinginya, televisi bisa digunakan untuk sarana pendidikan. Apalagi jika anda berlaangganan TV kabel, sering-seringlah menonton acara tentang alam semesta bersama anak. Dengan begitu anak akan semakin tertarik berbaur dengan alam.

Alam bukanlah sesuatu yang berbahaya bagi anak. Justru alam akan membantu anak menjalani kehidupannya dengan lebih baik di masa depan. Lalu mengapa anda masih takut membiarkan anak berbaur dengan alam ciptaan Sang Pencipta?