Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Berikut adalah belajar bahasa inggris untuk anak. Jika anak mulai menunjukkan ketertarikan untuk belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris, apa yang sebaiknya orangtua lakukan sih? Pernahkah Anda sebagai orang tua terbesit pertanyaan seperti itu? Nah, hal itu seringkali menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orangtua, apalagi jika orangtua bukan pengguna aktif bahasa Inggris. Terkadang para orang tua khawatir bagaimana caranya supaya si anak dapat menikmati untuk belajar bahasa Inggris, bukannya malah jadi membencinya. Cara termudah bisa dengan mengikutkan si anak pada kelas-kelas bahasa Inggris.

 

Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Permasalahannya bukan pada sumber daya untuk belajar, tapi lebih pada kepercayaan diri dan kemauan yang kuat. Walau sudah menguasai banyak kosakata dan paham tata bahasa, tapi jika tidak percaya diri untuk mempraktikannya, hasilnya akan sama saja. Karena jika tidak dibiasakan untuk menggunakannya di kegiatan sehari-hari maka hasilnya pun kurang maksimal. Di sisi lain, walau sudah mengikutkan anak di tempat les yang mahal berikut menunjang semua buku yang diperlukan, tapi jika anak tidak memiliki ketertarikan maupun keinginan yang kuat, juga tetap sama saja.

 

Lalu, bagaimana sih sebaiknya cara belajar bahasa Inggris itu? Nah, kita akan berbagi tips belajar bahasa inggris untuk anak yuk! Simak ya.

 

Biasakanlah Si Anak Mendengar

Seperti halnya anak yang baru belajar bicara, semua dimulai dengan mendengar, baru kemudian ia akan meniru, hingga semakin lama semakin fasih. Paling gampang dengan memutar lagu-lagu dalam bahasa Inggris sesering mungkin terlebih lagu yang dia suka. Jika SI anak suka nonton film, bisa dengan memutar film/video yang menggunakan bahasa Inggris.

 

Bukan hanya dibiasakan mendengar kosakata bahasa Inggris, tapi anak juga mendengar bagaimana penutur asli mengucapkannya. Awalnya, mereka mungkin tidak terlalu paham bagaimana cara menulis kata-kata tersebut dengan benar. Tapi itu tidak masalah. Pada tahap awal, biarkan anak mengenal bahasa ini dan meniru cara pengucapannya. Hal itu memang paling mudah untuk si anak cepat belajar bahasa Inggris.

 

Konsisten

Poin kedua adalah konsisten dalam belajar bahasa Inggris. Dalam belajar, si anak harus konsisten dan berkesinambungan untuk memelajarinya. Jadi bukan sekarang belajar bahasa Inggris, lalu besok-besok sudah tidak belajar lagi karena hal itu akan percuma. Lebih baik belajar sedikit demi sedikit namun terus menerus.

 

Selain itu, pengajar juga harus berbeda. Maksudnya bagaimana? Jadi pengajar untuk bahasa Indonesia dan bahasa Inggris haruslah dua orang yang berbeda. Hal itu bertujuan supaya si anak dapat membedakan dia sedang belajar bahasa yang mana. Kalau tidak, si anak pasti akan bingung untuk mempelajari dua bahasa sekaligus dengan pengajar yang sama.

Perbanyak Kosakata dan Tata Bahasa

Memperbanyak menghafal kosa kata dan tata bahasa memang harus dilakukan. Hal itu justru akan membuat si anak lebih cepat menguasai bahasa Inggris lho. Belajar kosakata pada anak bisa dengan menggunakan flashcard atau bermain scrabble. Ajak anak untuk menyebut nama-nama benda di lingkungan sekitar dengan bahasa Inggris. Membaca cerita, lirik lagu, atau artikel koran berbahasa Inggris membantunya familiar dengan cara penulisan dalam bahasa Inggris. Jika anak sudah mulai familiar, ajak anak mengartikan satu kalimat atau satu paragraf bahasa Inggris. Cara ini paling efektif ketimbang sebentar sebentar membuka kamus.

 

Jangan Takut Salah!

Hayo siapa yang gak takut salah? Nah, yang ini bukan cuma dialami yang kecil, yang sudah dewasapun terkadang masih suka malu atau takut salah saat berbicara bahasa Inggris. Jangan takut ya! Dari kesalahan, kita belajar untuk lebih paham lagi tentang bahasa yang kita pelajari. Apabila si anak salah dalam proses belajar bahasa Inggris, jangan dimarahi lho. Nanti si anak malah ngambek tidak mau belajar lagi.

 

Itu tadi beberapa tips belajar bahasa inggris untuk anak. Bagaimana? Mudah untuk dilakukan ya?