Ternyata Anak Bermain Hujan Boleh Loh!

Anak Bermain Hujan

Wah, sekarang sudah memasuki musih hujan ya. Biasanya hal ini merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Lalu bolehkah Anak Bermain Hujan? Orang tua pasti khawatir jika si anak nanti akan sakit. Iya kan? Menurut Psikolog anak dan keluarga Mira D. Amir, Psi., dengan persiapan dan perlakuan yang tepat, tidak ada alasan bagi orang tua untuk melarang anaknya bermain hujan. Banyak sekali manfaat positif yang didapat ketika anak bermain hujan. Salah satunya anak-anak bisa bereksplorasi dengan lingkungannya.

 

Manfaat Bermain Hujan :

  1. Mengembangkan Sosialisasi Anak

Kenapa mengembangkan sosialisasi? Memangnya bisa? Nah, saat bermain hujan biasanya anak-anak akan bermain dengan teman-teman seusianya, jarang sekali bermain sendiri karena lebih mengasyikkan jika bermain bersama. Secara otomatis ketika anak bermain dengan teman sebayanya, kemampuan sosialisasi anak akan meningkat.

 

  1. Mengembangkan Motorik Kasar Anak

Saat bermain hujan biasanya anak-anak akan berlari kesana-kemari, berkejar-kejaran, loncat-loncat, saling mencipratkan air, dan lain-lainnya. Kegiatan itu tentunya melibatkan kekuatan fisik secara langsung. Semua yang dilakukan anak-anak tersebut sangat baik untuk mengembangkan motorik kasarnya karena secara tidak langsung anak-anak sama halnya dengan melakukan olahraga.

 

  1. Mengembangkan Daya Imajinasi Anak

Eh, memangnya bisa ya dengan bermain hujan bisa mengembangkan daya imajinasi si anak? Penjelasannya begini, ketika anak-anak bermain hujan biasanya anak akan membayangkan dirinya menjadi sesuatu. Misalnya sebagai seorang pelaut yang berada di dalam kapal, sebagai seorang jagoan ataupun karakter lainnya. Hal tersebut tentu baik untuk perkembangan mental anak. Selain berimajinasi, anak anak juga dapat mengembangkan ekspresinya.

 

  1. Mengembangkan Daya Eksplorasi Anak

Ketika hujan turun, si anak akan mencoba untuk menelusuri apa saja yang terjadi saat itu. misalnya saja ketika hujan rintik-rintik, dia akan mencoba menengadahkan kepalanya ke atas. Pada saat itu peran orang tua sangat penting. Anda bisa menjelaskan mengapa bisa terjadi hujan dan lainnya. Dengan begitu, si anak akan dapat mengembangkan daya eksplorasinya.

 

  1. Menghilangkan Stres Anak

Jangan dikira seorang anak-anak tidak bisa stres ya. Dengan begitu banyak kegiatan yang dilakukannya setiap hari seperti les tambahan, tentunya bisa membuat si anak menjadi stres. Sesekali membiarkannya bermain hujan akan membuat anak bergembira dan menghilangkan stresnya itu.

 

Lalu Kapan Sih Si Anak Boleh Bermain Hujan?

Setelah kita tahu bahwa bermain hujan tidak selamanya buruk untuk anak tetapi banyak juga manfaat yang didapat, berikut ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika mengizinkan anak bermain hujan :

  1. Izinkan anak bermain hujan ketika kondisi hujan tidak terlalu deras, tidak disertai angin kencang dan tidak ada petir yang menyambar karena hal-hal tersebut justru akan membahayakan keselamatan anak.
  2. Pastikan kondisi anak dalam keadaan fit dan sehat sehingga anak memiliki sistem pertahanan tubuh yang optimal. Jika anak dalam kondisi batuk dan pilek sebaiknya jangan diizinkan terlebih dulu untuk bermain hujan karena bisa memperparah sakitnya.
  3. Batasi waktu bermain anak. Misalnya 30 menit sudah cukup karena jika terlalu lama akan menyebabkan anak kedinginan. Buatlah kesepakatan dengan anak Anda di awal supaya dia tidak ngambek ketika waktu bermainnya sudah habis.
  4. Karena aktifitas bermain hujan akan sangat menguras tenaga, maka pastikan sebelum anak bermain hujan kondisi perutnya sudah terisi makanan dan sudah beristirahat sebelumnya.
  5. Berilah anak pelindung tubuh yang aman seperti jas hujan, sepatu boot, dan payung
  6. Setelah anak selesai bermain hujan, segera mandikan anak dengan air dingin biasa. Sebaiknya tidak menggunakan air hangat, karena jika anak dimandikan dengan air hangat maka akan terjadi perubahan suhu tubuh yang signifikan, hal ini justru terkadang akan membuat anak jatuh sakit. Kecuali memang si kecil selalu dan terbiasa mandi dengan air hangat maka mandikanlah dengan air hangat.
  7. Setelah itu, berikan si kecil makanan atau minuman hangat.

 

Seru banget kan? Sekian artikel mengenai Anak Bermain Hujan. Anda bisa mengajak anak Anda untuk bermain saat hujan tanpa harus khawatir. Tentunya perhatikan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas tadi ya.