Referensi Lagu Anak Islami : Rindu Muhammadku dari Haddad Alwi

Nabi Muhammad SAW, siapa yang tidak tahu? Sungguh keterlaluan jika sebagi umat muslim kita tidak mengenalnya. Ya, Ia merupakan utusan Allah SWT yang dipercaya untuk menyebarkan ajaran Islam untuk seluruh umat manusia dan mewariskan pemerintahan tunggal Islam. Begitu mulia nya nabi Muhammad SAW, banyak musisi yang membuat lagu tentang beliau. Misalnya Haddad Alwi. Anda kenal dengannya? Jika belum, kita mencoba mengenal sosok Haddad Alwi terlebih dahulu ya.

hadad alwi

Jaman sekarang, jarang sekali orang yang kenal dengannya. Atau bahkan malah sudah tidak dikenal? Banyak artis-artis cilik muncul, namun nanyiannya bertema tentang orang dewasa. Bagaimana bisa anak usia dini menyanyikan lagu tentang cinta-cintaan layaknya orang dewasa? Sangat tidak pantas untuk didengarkan oleh anak-anak. Haddad Alwi bisa dijadikan rekomendasi untuk mendidik anak-anak. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun bisa mengambil nilai positif dari lagu-lagunya.

Haddad Alwi Assegaf merupakan salah seorang penyanyi nasyid di Indonesia. Ia lebih terkenal dengan panggilan Haddad Alwi. Nasyid sendiri merupakan salah satu seni Islam dalam bidang tarik suara. Biasanya nasyid dinyanyikan secara accapela dengan alat musik hanya diiringi gendang, bertemakan tentang islam. Album Haddad Alwi yang berjudul “Cinta Rosul” pada tahun 1999 merupakan album religi terlaris sepanjang sejarah musik Indonesia. Sehebat itukah Haddad Alwi? Ya, karena album itu juga sudah dicetak ulang dalam berbagai versi dan volume. Namun, saya tidak akan membahas mengenai album itu. Saya akan membahas tentang lagu berjudul “Rindu Muhammadku”.

Lagu “Rindu Muhammadku” ini sungguh lagu yang sangat menarik. Dalam lagu ini Haddad Alwi berkolaborasi dengan Vita dan Anti. Dengan musik yang mampu membuat telinga ketagihan untuk mendengarkannya. Cukup beda dengan lagu-lagu religi lainnya, lagu “Rindu Muhammadku” ini dilengkapi juga dengan rap—salah satu elemen jenis musik hip hop, merupakan teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat. Bagaimana bisa lagu religi digabung dengan musik hip hop?

Dalam video musiknya, terlihat Haddad Alwi dan anak-anak bernyanyi bersama dengan senangnya sambil membawa potongan huruf satu demi satu. Huruf-huruf itu dikumpulkan menjadi satu sehingga terbentuklah tulisan “Muhammad Nabiku”. Tak luput juga sang rapper—sebutan untuk orang yang menyanyi hip hop—juga ada di dalam video musik itu. “Rindu Muhammadku” ini mengajarkan supaya kita selalu mengikuti ajaran-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Sangat cocok untuk diberikan kepada anak anda. Walaupun lagu jaman dulu namun lagu ini jauh lebih baik daripada lagu-lagu jaman sekarang yang kebanyakan tidak mendidik. Bisa juga membuat hari Anda menjadi semangat karena mendengarkannya.

Yaa robbi bil-Mustofa balligh maqooshidanaa
Waghfirlanaa maamadhoyaa waasi’al karomi

Demi cinta-Mu ya Allah
Pada Muhammad nabi-Mu
Ampunilah dosaku
Wujudkan harapanku
Ya Rasulallah salamun alaik
Ya rofi’assyaniwaddaroji

Siapa yang cinta pada nabinya
Pasti bahagia dalam hidupnya

Reff:
Muhammadku Muhammadku dengarlah seruanku
Aku rindu aku rindu kepadamu Muhammadku

Kau yang mengaku cinta kepada nabimu
Kau yang mengaku merindukan nabimu
Jika kau benar-benar cinta dan rindu kepada Muhammad nabimu
Buktikan
Taati perintahNya, tinggalkan laranganNya
Teladani akhlaknya
Niscaya kelak kau akan berjumpa dengan Rasullallah
Niscaya kelak kau akan berkumpul dengan Rasullallah

Back to Reff

Kau ajarkan hidup ini untuk saling mengasihi
Ku tanamkan dalam hati kuamalkan sejak dini

Ya Rasulallah salamun alaik
Ya rofi’assyaniwaddaroji

Engkaulah nabi pembawa cinta
Kau bimbing kami menuju surga

Back to Reff

[ bersama-sama ]

Back to Reff (2 kali +)
Kau yang mengaku cinta kepada nabimu
Kau yang mengaku merindukan nabimu
Jika kau benar-benar cinta dan rindu kepada Muhammad nabimu
Buktikan
Taati perintahNya, tinggalkan laranganNya
Teladani akhlaknya
Niscaya kelak kau akan berjumpa dengan Rasullallah
Niscaya kelak kau akan berkumpul dengan Rasullallah

Yaa robbi bil-Mustofa (3 kali)