Pilihan Les Untuk Anak Usia Dini

les

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dan perkembangan. Karena itulah banyak orang tua yang tidak ingin menyia-nyiakan waktu sang anak dengan memberikan tambahan pelajaran yang bisa merangsang kecerdasan anak. Tak jarang dalam seminggu anak-anak memiliki jadwal yang padat untuk datang ke berbagai macam les mulai dari les pelajaran, les ketrampilan, dan les hobi. Hal tersebut tentu saja membuat anak menjadi lelah dan jika jadwal les terlalu padat bisa jadi anak akan kehilangan waktu untuk bermain bersama teman sebayanya dan waktu istirahat pun berkurang. Untuk itu dalam memberikan pelajaran tambahan melalui les, orang tua haruslah selektif dan tidak perlu menjejalkan semua kegiatan les yang bahkan anak Anda pun tidak tertarik. Jika sudah tidak tertarik maka kegiatan les yang dihadiri sang anak pun akan percuma karena pelajaran yang ia terima di tempat les tidak bisa optimal. Sebaiknya jika orang tua benar-benar ingin memberikan pelajaran tambahan melalui les maka perhatikan dulu karakteristik anak Anda. Sebagai orang tua pastinya Anda mengerti karakter buah hati dan kelebihan yang ia miliki. Dengan memberikan les yang tepat sesuai kelebihan dan karakter anak, maka outputnya pun pelajaran yang diberikan di tempat les akan mudah untuk diterima. Jika masih bingung kira-kira les seperti apa yang tidak terlalu membebani sang anak, maka di bawah ini ada beberapa rekomendasi les yang bisa diberikan pada sang anak.

  1. Mengaji

Sebagai seorang muslim tentu saja harus bisa membaca Al-Qur’an. Namun saat ini banyak orang tua yang tidak memiliki waktu untuk mengajari anaknya mengaji atau membaca Al-Qur’an. Akibatnya ketika anak beranjak dewasa, ia akan kesulitan bahkan tidak bisa membaca Al-Qur’an karena tidak pernah mendapatkan pelajaran itu baik di sekolah maupun di rumah. Untuk itu Anda sebagai orang tua bertanggung jawab untuk memberika pendidikan baca tulis Al-Qur’an kepada Anak. Apalagi ketika masih dalam usia anak-anak, pelajaran baca tulis Al-Qur’an ini lebih mudah untuk dimengerti dan dipahami sehingga anak cepat menguasai. Jika Anda sebagai orang tua tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengajari anak belajar mengaji, maka daftarkanlah ia di Taman Pendidikan Al-Qu’an (TPA) terdekat. Disana selain anak-anak bisa belajar baca tulis Al-Qur’an, ia juga akan mendapatkan pengetahuan agama Islam sekaligus bisa berinteraksi dengan teman-temannya. Namun jika di sekitar tempat Anda tinggal tidak ada TPA, maka carilah guru mengaji privat yang bisa datang ke rumah. Saat ini sudah semakin banyak guru mengaji yang bisa mengajarkan anak And abaca tulis Al-Qur’an.

 

  1. Berenang

Sebagai masyarakat yang hidup di Negara kepulauan dan seringkali terkena banjir maka sudah seharusnya kita dituntut untuk memiliki kemampuan berenang. Kemampuan tersebut tentu sangat berguna ketika kita berada dalam kondisi darurat seperti terbawa arus laut hingga terjebak banjir. Namun sepertinya banyak dari masyarakat Indonesia yang tidak mementingkan keahlian berenang sehingga seringkali kita melihat berita bahwa banyak korban berjatuhan saat teradi banjir atau terseret arus laut karena korban tidak memiliki keahlian berenang.

Untuk itu Anda sebagai orang tua bisa mengajarkan anak ketrampilan berenang untuk berjaga-jaga saat berada dalam situasi tersebut. Selain itu berenang juga baik untuk jantung dan efektif menambah tinggi badan. Sehingga les berenang untuk anak-anak sangat tempat sekali karena mereka masih berada dalam masa tumbuh kembang. Jika Anda memiliki anak yang over weight maka les berenang juga bisa menjadi treatment yang tepat untuk menurunkan berat badan anak.

 

  1. Menari

Les menari juga bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki anak yang berkarakter ataktif dan full spirit. Menari bisa menjadi sarana untuk anak dalam menyalurkan energi mereka. Kini sudah banyak tempat les menari yang menyediakan les menari tradisional maupun konvensional. Ketika Anda akan memasukkan anak ke tempat les, tanyakan dahulu jenis tarian seperti apa yang ia sukai. Sehingga kedepannya ia juga akan menikmati pelajaran seni tari yang akan dipelajari. Ketrampilan menari ini sangat bermanfaat ketika sang anak sudah masuk di bangku sekolah. Biasanya dalam acara-acara tertentu aka nada penampilan seni dan anak dapat berpartisipasi pada saat tersebut. Dengan begitu sang anak bisa melatih kepercayaan dirinya di depan umum

 

  1. Crafting

Jika dirumah anak Anda suka bermain playdoh atau tertarik membuat sesuatu dari kertas maka Anda bisa memberikan les crafting pada anak. Les crafting ini dapat menjadi tempat untuk anak mengasah ketrampilan seni. Sehingga disini anak dapat berkreasi apapun yang ia mau. Ada banyak pelajaran yang termasuk dalam bidang crafting ini seperti menyulam, menjahit, membuat origami, membuat pernak-pernik, merajut, menenun, menganyam dan lain sebagainya. Selain bisa sebagai sarana menyalurkan bakat seni, hasil karya anak saat les crafting ini juga dapat dijadikan dekorasi di rumah. Sehingga sangat bermanfaat.

 

  1. Musik

Musik dapat menjadi les yang menyenangkan untuk anak. Les musik cocok untuk anak yang memiliki keingintahuan tinggi. Sehingga ketika mereka disuguhkan sebuah alat musik maka ia pun akan penasaran bagaimana cara memainkannya dan melalui les musik ia bisa cepat belajar berbagai macam alat musik. Selain itu banyak sekali manfaat dari les musik ini, mulai dari meningkatkan kemampuan akademik, melatih kepercayaan diri, melatih konsentrasi, hingga meningkatkan kecerdasan otak. Melalui les musik ini pulalah anak bisa memiliki kemampuan bermain musik yang pastinya akan bermanfaat di masa mendatang.

Untuk alat musik yang akan dipelajari maka Anda bisa melihat kesukaan sang anak. Jika sang anak tergolong aktif maka les drum atau gitar dapat menjadi pilihan. Jika anak tergolong kalem maka bisa mencoba les piano. Tak hanya mempelajari alat musik modern saja, les alat musik tradisional seperti angklung atau gamelan juga menarik untuk dicoba.

 

Lima jenis les tersebut dapat menjadi referensi untuk Anda sebagai orang tua ketika ingin memberikan pelajaran tambahan kepada anak. Usaha orang tua untuk memberikan les kepada anak pasti akan berdampak positif pada anak jika memang sang anak menyukai yang ia kerjakan. Namun jika anak memang tidak menyukai les yang diberikan maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Jika tanda-tanda anak tidak suka akan les yang diberikan sudah terlihat, seperti malas datang, tidak ceria, dan lainnya maka segera hentikan les tersebut. Maka dari itu sebelum menentukan les apa yang akan diberikan, orang tua harus berdiskusi dahulu dan menilai apa saja kesukaan dan kelebihan anak. Sehingga dengan les yang diberikan tersebut dapat menunjang kelebihan anak dan anak pun fun menjalaninya.

Dalam seminggu usahakan untuk tidak terlalu banyak mengatur waktu untuk kegiatan les anak. Apalagi jika anak sudah memasuki sekolah dan sudah disibukkan dengan jadwal belajarnya. Perlu diingat bahwa kewajiban anak memang belajar namun orang tua tidak boleh merenggut waktu mereka untuk bermain dan beristirahat dengan segudang pelajaran di tempat les.