Menghilangkan Noda Membandel pada Kaos

baju laki-laki

Pernahkah Anda merasa sebal karena baju atau kaos yang Anda miliki kotor terkena noda yang sulit dihilangkan? Apalagi jika yang terkena noda tersebut adalah kaos pasangan keluarga favorit Anda. Hal tersebut tentu saja sangat menyebalkan karena mengurangi penampilan Anda nantinya jika mengenakan kaos atau baju yang bernoda. Jika kaos yang terkena noda tersebut merupakan kaos berwarna tentu untuk membersihkan bagian yang terkena noda akan lebih sulit karena Anda tidak bisa sembarangan memakai pemutih pakaian. Namun tidak semua noda akan hilang jika hanya dicuci menggunakan deterjen saja. Sebelum mencuci pakaian atau kaos kaos keluarga islami kesukaan Anda yang terkena noda maka sebelumnya pisahkan dulu dengan cucian yang lain. Sehingga proses pencuciannya pun lebih mudah. Setelah itu ketahui dahulu noda yang terdapat kaos atau pakaian favorit Anda tersebut bersumber darimana. Hal tersebut berguna agar proses penghilangan noda menjadi mudah. Di bawah ini terdapat treatment khusus yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kaos atau pakaian yang terkena noda membandel. Treatment tersebut merupakan cara membersihkan noda pada pakaian atau kaos berdasarkan sumber kotoran yang menempel. Langsung saja simak treatment di bawah ini :

  1. Noda Tinta

Membersihkan noda tinta pada kaos atau pakaian memang susah-susah gampang. Untuk pakaianmu yang berwarna maka jika terkena noda tinta, Anda bisa membersihkan menggunakan air susu. Kandungan laktosa di dalam susu dapat meluruhkan tinta sedikit demi sedikit. Jika noda tinta yang mengenai kaos atau pakaian kesayangmu sudah kering dan susah dibersihkan, maka rendam kaos atau pakaian yang terkena tinta tadi dengan air susu selama beberapa menit. Setelah itu kucek pada bagian yang terkena tinta tersebut. Selesai dikucek kaos atau pakaianmu bisa direndam kembali untuk beberapa saat pada air susu tadi. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Jangan lupa merendam di air deterjen agar kaos kesayangan Anda lebih wangi.

  1. Noda Minuman

Noda minuman berwarna cukup menyebalkan juga karena biasanya tidak langsung hilang dalam sekali cuci. Biasanya yang menyebabkan noda adalah minuman berwarna seperti soda, sirup, jus, hingga minuman beralkohol. Jika noda minuman yang mengotori kaos atau pakaian Anda tidak bisa hilang ketika dicuci seperti biasanya maka kamu harus menggunakan cara lain. Cara lain yang bisa kamu coba yaitu dengan memberi garam pada noda minuman yang menempel pada kaos atau bajumu. Setelah itu kucek pada bagian yang terkena noda. Setelah dikucek maka bilas dengan air dingin dan bisa dicuci seperti biasanya.

  1. Noda permen karet

Jika Anda memiliki anak kecil pasti seringkali menemukan kaos kesayangan mereka terkena noda permen karet. Noda permen karet ini memang sangat menyebalkan. Selain susah dihilangkan, cara mencuci dengan detergen seperti biasa tidak akan menghilangkan noda permen karet tersebut. Apalagi ketika bekas permen karet yang menempel pada kaos anak Anda tidak langsung dicuci pasti akan noda atau debu lainnya akan menempel pada bekas permen karet tersebut sehingga noda permen karet akan menghitam dan membuat kaos menjadi jelek. Cara mudah untuk menghilangkan noda permen karet adalah dengan memasukkan pakaian ke dalam kulkas. Dengan begitu bekas noda permen karet tersebut akan mudah diangkat atau dihilangkan. Jika tidak ingin memasukkan kaos ke dalam kulkas maka kamu bisa memberi es batu pada bagian kaos yang terkena noda. Hal tersebut sama saja dengan membuat bekas noda menjadi lebih mudah diangkat. Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan memberi cairan cuka pada bagian kaos yang terkena noda. Setelah itu agar noda mudah terangkat kamu bisa mengeriknya dengan pisau. Hati-hati agar kain tidak rusak ketika mengerik bagian kaos yang terkena noda permen karet.

 

  1. Noda Cat dan Oli

Noda cat atau oli memang paling susah dibersihkan daripada noda lainnya. Jika dicuci dengan deterjen saja pun tidak akan menghilangkan noda tersebut. Bahkan jika kamu memberi pemutih pakaian seringkali noda cat atau oli masih tertinggal dan tidak bisa hilang. Namun bukan berarti noda cat dan oli tidak bisa dibersihkan dari kaos kesayanganmu. Cara efektif menghilangkannya yaitu dengan mengoleskan putih telur ke bagian kaos yang terkena cat atau oli. Setelah itu gosok atau kucek pakaian berulang-ulang hingga nodanya menghilang. Rendam semalaman agar nodanya benar-benar rontok. Alternative lainnya yang bisa kamu coba untuk menghilangkan noda cat dan oli yang membandel adalah dengan mengolesi minyak kayu putih atau minyak tanah pada bagian kaos yang terkena noda. Sebelumnya basahi dulu atau rendam dalam air beberapa saat dan kucek hingga noda hilang. Atau bisa juga kamu mencoba untuk menghilangkan noda cat dan oli menggunakan sabun mandi. Caranya pun cukup mudah yaitu setelah kaos atau pakaian kesayanganmu direndam dalam air deterjen, kemudian bilas hingga bersih. Pada bagian yang bernoda oleskan sabun mandi batang dan kucek berulang-ulang. Cukup kucek pakai tangan biasanya noda pada kaos juga akan hilang. Setelah itu bisa dicuci seperti biasa

 

  1. Noda Karat

Pernahkah kamu memiliki pengalaman buruk ketika menggantung pakain dengan hanger besi dan kemudian setelah kering ternyata besi tersebut berkarat dan meninggalkan noda di kaos favoritmu tadi? Tenang saja, noda tersebut masih bisa hilang dengan beberapa trik tertentu. Tentunya jika kamu mencucinya ulang tak akan bisa menghilangkan noda karat tersebut. Lalu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menguapi baju yang terkena noda di katel air dan memberi perasan lemon pada bagian yang terkena noda tersebut. Setelah itu kucek beberapa saat dan cuci seperti biasanya. Cara lainnya yaitu kamu bisa menetesi cuka pada bagian yang terkena noda.

 

  1. Noda Luntur

Pasti baju atau kaos Anda yang terkena luntur warna baju lain sudah tidak terpakai lagi dan Anda menyimpannya rapat-rapat di lemari. Kini jika kaos atau bajumu kelunturan maka masih bisa diselamatkan dengan cara-cara khusus. Jadi kamu tidak perlu lagi memuseumkan baju atau kaosmu yang kelunturan itu. Caranya pun mudah yaitu cukup rendam kaos dalam deterjen dan beri sedikit air cuka pada rendaman tersebut. Tunggu hingga kurang lebih 30 menit dan bilas hingga bersih. Kini tak perlu khawatir lagi jika kaos kesukaanmu terkena luntur warna pakaian lainnya.

 

Itu tadi beberapa treatment untuk membuat kaos pasangan keluarga Anda terlihat bagus lagi. Kini tampilan kaosmu akan lebih maksimal karena tidak ada noda membandel lagi seperti noda minuman, noda makanan, noda karat, noda cat, noda oli dan bahkan noda luntur. Walaupun kaos merupakan pakaian yang sebenarnya terlihat sepele namun butuh perawatan pula. Jika bosan dengan kaosmu yang itu-itu saja maka kamu bisa memesannya di kaos couple keluarga murah Nuqtoh.com