Mendidik Anak Berjilbab

mendidik anak berjilbab

mendidik anak berjilbab

Nuqtoh fams, jaman semakin maju, ternologi berkembang dengan pesat dan pertukaran budaya pun kini semakin terbuka luas. Kita sebagai calon atau orang tua di zaman sekarang tentunya harus bisa menyikapi ini dengan bijak dan menanggapi pengaruhnya terhadap anggota terpenting dalam keluarga kita, yaitu anak (perempuan), khususnya dalam budaya berbusana Islami.

Berikut beberapa hal yang diperlukan untuk mendidik anak berjilbab:

Pertama, pahamkan kepada anak bahwa berjilbab sama artinya taat kepada Allah dan Rasul-Nya karena dengan itu dia telah menunaikan salah satu perintah Allah Ta’ala. Tanamkan pada diri anak bahwa jilbab merupakan salah satu bukti keimanan seorang Muslimah. Selain itu pahamkan juga tata cara berjilbab (baca: menutup aurat) yang benar.

Kedua, berikan contoh. Khusus kepada para bunda. Sudah sangat jelas, seorang ibu seharusnya berperan sebagai “Role Model” anak dalam kehidupan sehari-hari. Perlihatkanlah bagaimana cara anda menjaga aurat anda. Misal, pagi-pagi ada tukang sayur langganan lewat rumah. Karena terburu-buru dan takut kehabisan karena di borong tetangga, anda pun menanggalkan jilbab anda dan keluar dalam keadaan tidak menutup aurat. Seharusnya dalam situasi seperti ini, anda harus tetap bisa memberikan contoh yang baik dengan lebih bersabar dan bebusana menutup aurat (walalupun agak lama). Sehingga ada kesan tersendiri dari anak perempuan anda.

Ketiga, pahami perkembangan anak. Sebagai orang tua, anda harus menjadi orang pertama yang dapat memahami dan menemani anak anda dalam kondisi apapun. Sehingga anda akan mengenal karakter anak anda sendiri melebihi orang lain. Khususnya di saat masa puberitas. Biasanya, anak di usia puberitas mudah terpengaruh, baik dari teman, media, dll. Dia pasti mengalami masa persaingan gengsi atau yang lebih parah trend modis masa kini yang beberapa tidak sesuai dengan ajaran agama. Di masa seperti ini peran anda sebagai orang tua harus terus stabil, karena sangat rentan sekali. Sering-seringlah mengecek pergaulan sehari-harinya, lihat perubahan kelakuannya dan amati dia dari jauh. Tidak lupa pula pantau dia melalui sosial media yang dia gunakan (kalau kata anak zaman sekarang dikepoin). Namun ingat, anda juga harus tetap menghargai privasi dia. Jadi lakukanlah sewajarnya saja.

Oh ya, untuk semakin menunjang pendidikan Islami anak, cek juga ya koleksi kaos anak muslim dari kami. Terbuka kesempatan menjadi distributor, agen dan reseller. Lebih lengkapnya cek ini : Peluang bisnis kaos anak.

Pastikan anda sudah like halaman Facebook Nuqtoh untuk selalu mendapatkan update terbaru dari produk, artikel dan berbagai tips mendidik anak dari kami.