Manfaat Membawa Bekal

manfaat-membawa-bekal

Banyak pepatah mengatakan sehat itu mahal harganya, tidak ada kenikmatan yang lain selain diberi hidup yang sehat. Bagi orang tua senantisasa untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan anak anak mereka.

Pada jaman yang sudah maju ini, banyak sekali makanan yang sudah dimodifikasi untuk tahan lama dengan diberi pengawet, pewarna yang mencolok agar menarik perhatian pembeli, dan tak jarang juga penjual menambahkan bahan makanan yang berbahaya untuk menambah cita rasa.

Sering kali orang tua khawatir kepada anaknya tentang kehigienisan jajanan yang biasa dimakan oleh anaknya di sekolah dan menasihati anaknya untuk tidak jajan sembarangan.  Terkadang  jajan sembarangan bisa berakibat fatal untuk kesehatan.

Misalnya, bisa terkena penyakit perut seperti diare. Kita sebagai orang tua tentunya mengontrol pola makan anak dan tidak membiarkannya untuk beli jajan sembarangan.

Ada solusi menarik atas masalah diatas, yaitu dengan cara senantiasa membawakan bekal kepada anak saat pergi ke sekolah. Dengan membawa bekal dapat memberikan rasa bangga kepada anak.

Bangga karena orang tua mereka peduli terhadapnya. Tentunya juga orang tua tak perlu khawatir lagi terhadap makanan yang dikonsumsi buah hatinya. Berikut manfaat dari membawa bekal :

  1. Menghemat pengeluaran

Membawa bekal ke sekolah membawa pengaruh besar terhadap isi kantong. Dengan demikian orang tua dapat memberikan uang jajan lebih sedikit kepada anaknya dan bisa mengalokasikan uangnya kepada kebutuhan lainnya, seperti kebutuhan dapur.

Dan untuk anak sendiri, dapat menabung uang untuk membeli peralatan sekolah sendiri, seperti pensil, penghapus, buku, seragam sekolah dan lain sebagainya.

  1. Makanan lebih higienis

Orang tua pasti akan masak makanan sehat serta enak bagi buah hatinya. Tidak akan terlintas di benaknya untuk menambahkan pengawet atau bahan bahan makanan yang berbahaya ke dalam makanan, serta akan menjaga kehigienisan makanan dengan diletakkan di kotak makanan yang tidak akan terkontak dengan udara bebas.

  1. Makan tepat waktu

Pada saat jam istirahat, pasti banyak siswa yang ke kantin sekolah untuk membeli makanan dan mengisi tenaga untuk jam pelajaran berikutnya. Jika kita tidak membawa bekal, pasti akan ke kantin dan antri untuk membeli makanan.

Hal tersebut akan menguras tenaga,waktu dan pikiran. Jika kita sudah bawa bekal, tinggal buka dan makan bersama teman deh. Simple kan?

  1. Berbagi dengan Teman

Pada jam istirahat tiba, anak-anak bisa memakan bekalnya di dalam kelas dengan teman temannya yang lain. Mereka bisa saling berbagi dan bertukar makanan. Hal ini juga melatih sikap sosial dan kepeduliannya kepada sesama.

  1. Melatih kreativitas orang tua

Menu makanan yang itu itu saja akan membuat anak bosan dan tak berselera untuk makan. Hal ini membuat para orang tua untuk belajar menu menu yang baru atau mengkreasikan menu ada dan disajikan dengan cara yang unik.

  1. Tidak mengenalkan uang pada anak

Keberadaan uang memang sangat penting bagi kehidupan kita semua. Dengan uang kita bisa membeli segala kebutuhan untuk memenuhi diri sendiri. Namun apa jadinya jika para orang tua terbiasa memberi uang saku lebih sejak dini kepada anaknya? Tanpa disadari orang tua telah mengajarkan budaya konsumtif kepada anaknya.

Anak dengan senang hati untuk membeli jajan dan barang yang ia sukai tanpa sepengetahuan orang tua mereka. Mengenalkan uang kepada anak harus dengan cara yang benar agar anak tidak tumbuh dengan mengandalkan uang saja.

Membawa bekal merupakan kebiasaan baik bagi anak dan orang tua tidak perlu khawatir lagi masalah kehigienisan makanan. Orang tua juga dapat mengatur porsi makanan yang pas kepada anaknya, jadi mereka tak perlu khawatir jika anaknya kelaparan di sekolah.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari membawa bekal, mulailah hal sederhana ini untuk menjaga buah hati anda.