MAKANAN SEHAT UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK

makanan

Anak-anak yang sedang dalam usia tumbuh kembang memang seharusnya diberika asupan gizi yang lengkap lewat makanan yang sehat dan bergisi. Kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Karena itu jika Anda sebagai orang tua ingin agar anak Anda memiliki gizi yang baik dan tumbuh kembang sempurna maka berilah anak Anda asupan gizi seimbang melalui makanan yang sehat. Namun seringkali anak-anak terlalu selektif dalam memilih makanan. Banyak anak yang tidak menyukai sayuran sehingga asupan vitamin dan mineralnya pun tidak terpenuhi. Apalagi jika mereka lebih menyukai makanan fast food yang tidak terkontrol kandungan gizinya. Konsumsi makanan cepat saji dalam jangka panjang tentu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh anak seperti obesitas. Untuk itu orang tua harus mengontrol agar tidak memanjakan anak dengan makanan cepat saji yang memiliki rasa enak namun memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Anda seharusnya membiasakan anak untuk makan sayur yang lebih sehat bagi tubuh dan kandungannya dibutuhkan bagi pertumbuhan anak.

Jika memang anak Anda tidak menyukai sayuran atau buah-buahan maka sebagai orang tua Anda harus berinovasi agar kandungan vitamin, protein, dan mineral dalam sayur dan buah dapat diperoleh anak. Salah satu caranya yaitu dengan memodifikasi masakan Anda agar terlihat yummy atau lezat. Seringkali anak tidak suka dengan sayur karena rasanya yang hambar. Apalagi dengan tampilan yang tidak menggoda membuat mereka tidak tertarik untuk memakan sayur. Tampilan yang menarik dan inovasi olahan sayur serta bahan lainnya untuk disajikan ke dalam makanan anak Anda pastinya akan semakin menggugah selera. Berikut ini beberapa resep kreasi dari detik food yang bisa Anda tiru dan terapkan dirumah agar masakan Anda untuk anak lebih bervariasi sehingga nafsu makan anak pun meningkat.

  1. Omelet Bihun Sayuran

Kebanyakan anak pasti suka telur, namun belum tentu menyukai sayuran. Pada resep omelet bihun sayuran kali ini. Sayuran yang dapat Anda tambhkan ke dalam omelet seperti kubis, wortel, dan kacang polong. Agar tidak terlalu keras, wortel dapat ditumis terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam adonan telur yang akan dibuat omelet.

Cara membuat omelet bihun sayuran pun sangat simpel yaitu kocok telur hingga berbuih seperti biasanya Anda akan membuat omelet. Setelah itu masukkan sayuran tadi ke dalam adonan. Tambahkan potongan bihun kedalamnya dan aduk rata. Setelah merata langsung saja tuang ke dalam wajan yang telah panas untuk digoreng. Dengan cara seperti ini nantinya anak tidak tahu jika di dalam omelet terdapat sayuran yang bergizi. Sehingga anak pun tertarik untuk memakan omelet bihun sayuran

 

  1. Bubur Susu Alpukat

Bubur sudah menjadi makanan yang akrab untuk anak dan bayi. Tapi jika Anda di posisi anak, pasti Anda akan merasa bosan dengan rasa bubur yang itu-itu saja setiap kali makan. Untuk itu inovasi bubur susu alpukat ini dapat menjadi daya tarik bayi atau anak sehingga mereka tidak bosan dengan bubur yang itu-itu saja. Cara membuatnya pun gampang sekali yaitu ketika Anda membuat bubur seperti biasa, tambahkan susu ke dalam campuran air yang digunakan dalam membuat bubur. Setelah itu alpukat digunakan sebagai sausnya. Caranya dengan memblender buah alpukat dengan tambahan perasan jeruk agar lebih berasa nyummy. Setelah itu siramkan ke atas bubur susu dan siap dimakan. Selain praktis dan inovatif, kandungan gizi dalam bubur susu alpukat juga tinggi karena mengandung karbohidrat dari bubur, protein dan lemak dari susu, vitamin dan lemak dari alpukat.

 

  1. Nasi Tim Ayam Wortel

Nasi tim ayam wortel ini dapat Anda berikan kepada anak ketika si buah hati merasa tidak enak badan. Cara memasaknya seperti nasi tim biasa namun tinggal menambahkan tumisan ayam dan wortel. Ayam di tumis seperti biasa dengan tambahan saus tiram, shoyu, dan kecap. Kemudian masukkan potongan wortel yang sudah di cincang ke dalam tumisan ayam tersebut. Tumis kembali hingga merata dan setelah selesai siramkan ke atas nasi tim sehingga lebih menggugah selera. Dengan begini meskipun dalam kondisi yang kurang fit, si anak tetap bernapsu untuk makan karena tampilan nasi timnya menggoda. Sehingga kandungan gizi yang ada dalam nasi tim ayam wortel dapat memenuhi kebutuhan gizinya dan membuat si anak semakin cepat sembuh.

 

  1. Sandwich Tuna Telur

Jika Anda tak memiliki banyak waktu di pagi hari untuk memasak, maka sandwich tuna telur dapat menjadi pilihan mudah. Biasanya sandwich hanya disajikan dengan selai kacang, selai coklat, selai stroberi, atau keju. Namun jika hanya seperti itu tentu tidak mampu memenuhi asupan gizi anak untuk beraktivitas di pagi hari. Agar lebih bergizi maka Anda dapat menambahkan tuna dan telur sebagai isian sandwich. Caranya yaitu dengan membuat adonan tuna hingga menjadi serpihan kecil. Kemudian cincang telur rebus hingga halus dan masukkan ke dalam adonan tuna tersebut. Agar lebih berasa bisa ditambahkan sedikit air jeruk dan tomat. Setelah itu adonan yang sudah jadi dapat dioleskan ke dalam roti sandwich seperti selai. Tambahkan lettuce, tomat, atau onion agar kandungan vitamin dan mineral terpenuhi. Jika anak anak suka keju maka bisa ditambahkan keju di dalamnya. Pasti sandwich tuna telur ini akan disukai anak dan mampu memenuhi kebutuhan gizi mereka.

 

  1. Mata sapi panggang

Olahan telur seringkali membuat anak menjadi bosan. Kali ini resep mata sapi panggang membuat olahan telur dengan rasa dan tampilan yang berbeda. Bahan utamanya pun mudah didapatkan di rumah yaitu telur dan jamur. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan menmis jamur terlebih dahulu. Setelah itu tambahkan susu, garam, dan merica. Setelah itu taburi keju diatasnya dan jangan lupa pecahkan telur diatasnya. Kemudian masukkan ke dalam oven dan tunggu sampai matang. Rasakan sensasi lezatnya telur bercampur dengan tumisan jamur yang lezat dan kenyal. Anak-anak pasti akan lebih suka olahan telur yang satu ini karena berbeda dari biasanya.

 

Itu tadi beberapa resep masakan yang dapat Anda coba di rumah. Selain mudah dan praktis, kandungan gizi di dalamnya juga seimbang. Sehingga kebutuhan gizi untuk anak dapat terpenuhi. Dengan berinovasi untuk membuat makanan anak maka hal tersebut juga mampu meningkatkan napsu makan mereka sehingga mereka tidak bosan dengan menu yang disediakan. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk memasak maka bisa mencoba untuk membuat menu yang simpel seperti sandwich. Di internet sudah tersedia banyak sekali resep masakan untuk anak dan tinggal Anda mengeksekusi di rumah. Selamat mencoba!