Sedia Kotak P3K

sedia-kotak-p3k

Anak-anak adalah masa yang indah, suatu masa yang penuh dengan suka cita dan permainan. Setiap orang dewasa pun pernah merasakan masa anak-anak. Kita juga pernah menjaadi anak-anak bukan? Saat ini ketika kita sudah memiliki anak, tentu kita tak ingin mengganggu kesenangan dan keceriaan mereka di masa anak-anak.

Akan tetapi, kondisi anak yang memang belum bisa mengendalikan dirinya sendiri seringkali membuat kita sebagai orang tua menjaadi khawatir.

Lalu apa yang bisa kita lakukan sebagai orang tua? Melarang anak bermain di luar tentu bukan ide yang tepat. Apalagi bila kita sampai harus melarang anak bergaul di luar rumah. Hal semacam itu akan menjadikan anak pribadi yang tertutup dan egois. Tentu kita tak ingin anak kita tumbuh menjadi pribadi yang seperti itu.

Lalu apa yang bisa kita lakukan sebagai orang tua? Kita sebagai orang tua cukup mengawasinya dari jauh. Kita cukup menemani mereka bermain namun hanya melihatnya dari jarak tertentu. Salah satu cara untuk tetap melindungi anak kita adalah dengan selalu sedia kotak P3K.

Di mana saja kotak P3K perlu disediakan? Di rumah maupun di dalam kendaraan seperti mobil. Anak kecil akan sering terluka ataupun daire ketika sedang bermain ataupun ketika sedang berada dalam perjalanan.

Beli obat ke apotek atau membawanya ke dokter mungkin membutuhkan waktu yang agak lama. Tak ada salahnya jika anda dengan dibekali kotak P3K, yang memberikan pertolongan pertama pada anak. Oleh karena itu bawalah selalu kotak P3K ke mana pun anda dan anak anda bepergian.

Toh, anda bisa memilih kotak P3K yang kecil dan fleksibel dapat dibawa ke mana pun, namun tetap dapat menampung seluruh peralatan dan obat yang diperlukan.

Apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam kotak P3K? Di bawah ini adalah peralatan dan obat-obatan yang semestinya berada di dalam kotak P3K.

  • Peralatan

Beberapa peralatan di bawah ini sebaiknya senantiasa anda masukkan ke dalam kotak P3K anda:

  1. Buku petunjuk P3K

  2. Pembalut segitiga (mitella)

  3. Pembalut biasa dengan variasi ukuran 2cm, 5cm (ini yang utama), dan 10cm

  4. Kasa steril

  5. Kapas putih

  6. Plester

  7. Plester instan (seperti handiplast, hansaplast, dsb)

  8. Sofratulle

  9. Gunting perban

  10. Tisu

  • Obat-obatan

Beberapa obat-obatan di bawah ini sebaiknya senantiasa anda masukkan ke dalam kotak P3K anda:

  1. Obat penurun panas (anti demam)

  2. Obat diare (obat kimia maupun serbuk larutan oralit)

  3. Obat anti gatal (bedak salicy)

  4. Obat anti alergi (tiap individu mungkin memiliki obat anti alergi yang berbeda, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda)

  5. Alcohol

  6. Betadine

  7. Obat perangsang muntah (obat ini diberikan bila anak keracunan atau menelan benda yang tak dapat dicerna oleh saluran pencernaannyaa. Namun obat semacam ini jangan diberikaan pada anak dengan kondisi kesadaran menurun karena bisa jadi muntahannya akan tertelan kembali dan bisa masuk ke saluran pernapasan)

  8. Obat tetes mata

  9. Obat gosok atau balsam

  10. Ephedrine (bila ada keluhan sesak napas)

Dengan selalu memmbawa kotak P3K, pertolongan pertama dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tentunya anda juga harus belajar terlebih dahulu mengenai berbagai macam tata cara dalam pertolongan pertama. Untuk itu, anda bisa mencari buku petunjuk mengenai PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat).

Kesehatan dan keselamatan anak adalah segalanya bagi orang tuaa. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu siap siaga dalam memberikan yang terbaik dan tercepat demi kesehatan dan keselamatan anak.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga pula kita sebagai orang tua bisa menjadi dokter bagi buah hati kita tercinta.