Kenali Jenis Sablon Kaosmu

 

kaos perempuan

Kaos adalah pakaian yang paling nyaman untuk dipakai sehari-hari. Tak hanya nyaman digunakan untuk bersantai dirumah, kaos juga cocok digunakan ketika keluar rumah untuk hangout atau saat acara-acara santai. Saat ini kaos juga telah memiliki berbagai macam model sehingga tidak terkesan monoton ketika dipakai. Apalagi banyak juga kaos-kaos yang memiliki desain bagus dan trendi. Desain itulah yang membuat orang-orang semakin suka memakai kaos untuk acara-acara santai. Desain pada kaos pun beranekaragam bentuknya mulai dari karakter tokoh favorit, typography, hingga desain yang saat ini sedang ngetren atau banyak disukai yaitu desain kaos islami. Desain kaos islami juga seringkali digunakan sebagai kaos keluarga kecil. Sehingga seluruh anggota keluarga memiliki kaos yang sama. Jika ingin kompak dan memiliki baju yang sama untuk seluruh anggota keluarga maka kamu bisa memesannya di konveksi baju muslim keluarga kaos. Jika membelinya langsung di toko biasanya tidak bisa menyediakan untuk ukuran yang sesuai dengan ukuran kaos anggota keluarga Anda. Jika pun bisa biasanya desainnya tidak sama atau warnanya yang kurang sesuai. Selain itu kualitas sablon desain kaos yang di beli di toko biasanya tidak sebagus jika membuatnya langsung di konveksi. Kalaupun memiliki desain atau sablon yang bagus biasanya harganya pun jauh lebih mahal. Bagus tidaknya sablonan pada kaos sebenarnya tergantung teknik penyablonan dan tinta yang digunakan. Berikut ini beberapa jenis sablon yang biasanya digunakan dalam penyablonan kaos :

  1. Cat karet atau rubber

Cat karet atau rubber ini merupakan jenis sablon yang biasanya digunakan untuk penyablonan kaos. Cat ini banyak digunakan karena mudah diaplikasikan untuk kaos yang berwarna gelap maupun yang berwarna terang. Biasanya cat rubber ini juga digunakan untuk melapisi sablon glow in the dark, sablon gold atau silver. Cat karet atau rubber ini akan menutup atau melapisi serat kain. Tidak sembarangan orang dapat mengaplikasikan cat ini dengan mudah untuk membuat sablon. Perlu pengalaman dan skill khusus untuk bisa mencampur cat agar sesuai dengan kelenturan bahan baju kaos yang hendak disablon supaya hasil sablon tahan lama. Biasanya cat rubber ini digunakan dalam teknik sablon manual.

 

  1. Jenis Plastisol

Sablon jenis plastisol ini merupakan jenis sablon yang menggunakan cat berbasis minyak atau oil based. Sablon ini digunakan untuk sablon raster yang sangat detail dengan hasil yang sangat bagus. Namun sablon plastisol ini biasanya akan memakan biaya yang mahal karena banyak instrument yang diperlukan ketika melakukan proses penyablonan. Contohnya adalah ketika melalui proses pengeringan cat harus disinari infrared. Karena itulah tidak semua tempat sablon atau konveksi menyediakan sablon ini. Biasanya untuk menekan biaya produksi, tempat sablon tidak mau menerima order dalam jumlah sedikit karena biaya produksi akan lebih banyak. Jika orderan dalam jumlah banyak maka besaran biaya produksi akan lebih ringan.

 

  1. Sablon Glow in The Dark

Sablon ini memiliki keunikan yaitu dapat menyala dalam gelap. Kandungan bubuk fosfor yang ada didalam cat memungkinkan sablonan kaos akan terlihat menyala di kegelapan. Biasanya sablon akan terlihat menyala dalam waktu 15-20 menit. Untuk membuat sablon dengan jenis glow in the dark ini diperlukan keahlian khusus. Pencampuran bubuk fosfor dengan cat rubber harus dilakukan dengan takaran yang tepat agar hasilnya pun bagus. Cat rubber juga digunakan sebagai underbase pada kaos sebelum diberi tambahan fosfor. Untuk hasil yang paling memuaskan kamu bisa menggunakan jenis sablow glow in the dark ini pada kaos yang berwarna gelap. Sehingga hasilnya akan lebih bagus

 

  1. Sablon Foam

Selain glow in the dark yang terkesan unik, sablon foam ini juga memberikan kesan unik pada sablon kaosmu. Ciri khas dari sablon foam ini adalah sablon pada kaos akan terlihat timbul dan ketika dipegang juga terasa timbul. Jenis sablon ini memang membutuhkan teknik khusus dalam pembuatannya. Sablon ini menggunakan tinta rubber maupun plastisol. Kemudian tinta tersebut dipanaskan sehingga mengakibatkan efek mengembang atau timbul.

  1. Sablon Floking

Sablon floking ini juga memberikan efek yang unik pada desain kaos. Dengan menggunakan lapisan bahan seperti beludru yang ditempel diatas kain dengan lem khusus. Sablon flocking ini juga terdapat dua jenis yaitu bubuk dan lembaran. Jika menggunakan lembaran akan membutuhkan lem khusus sebagai media perekatnya. Lem transparan tersebut lalu dipress menggunakan mesin supaya menjadi seperti beludru.

 

  1. Sablon High Destiny

Sablon ini juga cukup banyak digunakan sebagai sablon desain kaos. Ciri khas sablon high destiny ini adalah permukaan sablon yang mengkilap dan memiliki efek lentur. Sehingga sablonan terlihat basah jika dilihat dari jauh. Namun terkadang juga sablon ini bisa dibuat dalam bentuk doff.

  1. Sablon Foil

Sablon dengan menggunakan lapisan bahan kertas logam (seperti alumunium foil) yang ditempelkan diatas kain dengan lem khusus. Jenis sablon yang memberikan kesan mengkilat menjadikan T- Shirt terlihat eksklusif.

 

  1. Sablon DTG

Sablon DTG ini merupakan sablon yang menggunakan mesin digital. Hasilnya memang sangat bagus dan jelas. Namun juga ditentukan oleh kualitas tinta atau cat yang digunakan. Jenis sablon ini popular sekali untuk pembuatan kaos dalam jumlah satuan. Karena itu pula tak jarang harga kaos yang diproduksi dengan teknik DTG ini juga akan lebih mahal.

 

Itu tadi beberapa jenis sablon yang umum digunakan dalam proses penyablonan desain kaos. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk konveksi yang sudah berpengalaman biasanya sudah mengetahui jenis sablon seperti apa yang cocok digunakan dalam desain tertentu. Sebelum membeli kaos maka Anda harus perhatikan terlebih dahulu sablon seperti apa yang digunakan sehingga dalam perawatannya pun akan tepat. Tak semua sablon pada kaos boleh terkena panas atau dicuci sembarang. Beberapa sablon akan mudah mengelupas jika perawatannya tidak benar. Maka dari itu Anda harus teliti terlebih dahulu sebelum membeli.

Nuqtoh .com sebagai konveksi dan sablon kaos keluarga bandung telah memiliki pengalaman sejak lama di bidang sablon dan konveksi kaos. Produk-produk kaos yang dihasilkan tidak hanya berkualitas namun juga tahan lama. Untuk jenis sablon yang digunakan olh Nuqtoh.com adalah sablon waterbased yang tahan lama dan tidak mudah mengelupas. Sablon tersebut juga tidak bermasalah jika Anda menyetrikanya sehingga aman dan akan awet. Tak hanya sablon saja yang berkualitas, jahitan kaos hasil produksi Nuqtoh.com juga terbukti kuat dan awet. Untuk produk anak-anak mereka sengaja mendesain dengan tidak menggunakan hangtag pada kerah. Hal tersebut menghindari alergi atau gatal pada leher anak dikarenakan hangtag yang biasanya terpasang pada kerah kaos