Seputar Pentingnya Kalsium Untuk Anda

kalsium untuk ibu hamilHei, Nuqtoh Fams apa kabar? Semoga Ibu baik-baik saja dan pastinya selalu menjaga kesehatan Bunda yah. Di artikel ini kami akan menjelaskan betapa pentingnya kalsium itu, apalagi khusus Ibu yang sedang hamil. Mungkin sebagian Bunda bahwa susu itu kalsium yang sangat tinggi, ternyata ada lagi Bun. Selain susu, jadinya Bunda tidak bosan dan bisa ganti-ganti menu makanan/minuman yang mengandung kalsium yang tinggi. Hmmm, ada apa saja yah?

1. Keju

Keju merupakan makanan yang berbahan dasar susu, Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu seperti, protein, vitamin, mineral, kalsium, fosfor, lemak dan kolesterol. Namun ingat susu juga akan menyebabkan ganguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan

2. Yoghurt

Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Namun kebanyakan yogurt sendiri dibuat dari susu sapi. Yogurt juga merupakan makanan tinggi kalsium, karena berbahan dasar susu yang sudah pasti memiliki sebagian besar kandungan gizi susu.

3. Sayuran Hijau

Siapa sangka ternyata dalam sayuranpun terdapat kandungan kalsium yang tinggi dan dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Sayuran yang mengandung kalsium tinggi yaitu brokoli dan bayam.

4. Kacang Kedelai

Tahukah anda, kacang kedelai juga mengandung kalsium yang cukup tinggi, jika satu cangkir kacang kedelai direbus tanpa dicampuri garam, maka akan menghasilkan 261 mg kalsium. Selain itu, ada juga olahan dari kacang kedelai yang juga bermanfaat, yaitu susu kedelai.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan lemak sehat juga protein, selain itu 3 ons salmon yang sudah dikalengkan dengan memiliki tulang belakang ternyata juga mengandung kandungan kalsium yang tinggi yaitu 181 mg kalsium.

6. Buah-buahan Kering

Buah-buahan kering dapat memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan tubuh. Buah kering menawarkan 135 mg kalsium untuk 5 jenis buah kering.

7. Kacang Putih

Kacang putih memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, dalam 100 gram kacang putih terdapat 442 mg kalsium. Kacang putih termasuk kedalam kategori kacang dengan kandungan kalsium yang lumayan tinggi. Pada umunya kacang putih memiliki kandungan kalsium sebanyak 175 mg / porsinya.

8. Lobak

Sayuran yang biasa dimasak dalam sayur sop ini ternyata mengandung kalsium yang lumayan tinggi sekitar 200 mg / batangnya. Memakan sayur sop yang dicampur lobak selain memenuhi  kebutuhan vitamin A juga dapat dijadikan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan kalsium

9. Biji Wijen

Siapa sangka biji wijen memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Dalam 1 ons biji wijen terdapat 280 mg kalsium, jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah kalsium dalam 1 gelas susu.

10. Susu Kedelai

Selain kedelainya, susu kedelai juga kaya akan kalsium yaitu sekitar 300 mg kalsium, jika disajikan tanpa dicampur dengan makanan apapun.

11. Jeruk

Buah yang satu ini tentu saja sudah tidak asing bagi kita. Jeruk bisa ditemukan dihampir belahan dunia. Selain memiliki kandungan vitamin C, jeruk juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 60 mg

12.Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang baik bagi jantung, kaya akan serat dan mengandung karbohidrat. Selain itu oatmeal juga mengandung kalsium yang cukup tinggi, dalam 1 mangkuk oatmeal mengandung 105 mg kalsium.

13. Ikan Sarden

Sarden merupakan hasil olahan dari ikan laut yang dikemas dengan cara dikalengkan ini dapat memenuhi 33 % kalsium yang dibutuhkan tubuh. Maka dari, konsumsilah ikan sarden minimal 1 minggu 1 kali.

14. Tofu

Tofu adalah makanan yang dibuat dari endapan kedelai yang difermentasikan, sama halnya dengan tahu. Tofu ini bisa dibilang tahu versi jepang. Tofu sendiri lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan. Karena kandungan kalsiumnya yang tinggi, tofu sendiri direkomendasikan sebagai makanan pengganti susu.

15. Kale

Merupakan sayuran yang termasuk kedalam jenis kubis-kubisan atau lebih sering dikenal dengn kol. Dalam setiap 1 cangkir kale terkanung 90 mg kalsium. Dengan kata lain 3,5 cangkir kale akan lebih bermanfaat daripada 1 gelas susu.

16. Kinoa / quinoa

merupakan tanaman serealia semu yang selama ini menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Kinoa disebut serealia semu karena bijinya bukan dihasilkan dari padi-padian. Daunnya dapat dimakan pula, sebagaimana bayam biji. Biji kinoa sangat ideal sebagai sumber gizi kaerna mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi sekaligus. Jika dimasak, 1 cangkir kinoa menawakan 60-100 mg kalsium.

17. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan. Brokoli bermanfaat bagi kesehatan Bahkan dapat dikatakan bahwa brokoli merupakan sayuran dengan kandungan kalsium tertinggi yaitu 180 mg.

18. Kacang Almond

Kacang almon yang biasa digunakan sebagai makanan camilan kaya akan vitamin E. Selain itu kacang almond juga mengandung 70-80 mg kalsium.

19. Pisang

Pisang adalah jenis buah-buahan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Karena pisang terdapat dihampir semua tempat di indonesia. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium.

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Manusia

Ada beberapa manfaat kalsium bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Mengaktifkan saraf
2. Melancarkan peredaran darah
3. Melenturkan otot
4. Menormalkan tekanan darah
5. Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
6. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
7. Mencegah osteoporosis (keropos tulang)
8. Mencegah penyakit jantung
9. Menurunkan risiko kanker usus
10. Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik
11. Mengatasi keluhan saat haid dan menopause
12. Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui
13. Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi
14. Mengatasi kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan
15. Memulihkan gairah seks yang menurun/melemah
16. Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas)

Bahaya kekurangan kalsium di saat Ibu sedang hamil:

1. Tanda-tanda Anda kurang asupan…

– Otot tegang, mudah keram
– Gusi berdarah
– Mudah merasa lelah
– Hb rendah
– Sakit kepala

2. Risiko bagi kehamilan

– Tulang calon bunda mudah keropos
– Tulang janin tumbuh tidak sempurna
– Bayi terkena penyakit rakitis

3. Penuhi lewat sumbernya!

– Susu dan produk olahannya (gambar)
– Ikan teri (gambar)
– Brokoli dan sayuran hijau (gambar)
– Rumput laut (gambar)

1200 mg/hari adalah kebutuhan kalsium Bunda hamil. Lengkapi asupan kalsium dengan asupan vitamin D yang dikonsumsi bersamaan,  untuk penyerapan maksimal.

Kami sudah menjelaskan makanan/minuman, manfaat dan bahaya kekurangan kalsium itu. Yuk jaga kesehatan dan berilah kalsium demi kesehatan Anda yah.