Inilah cara mengajari Anak Menyayangi Binatang

menyayangi binatang

Anak kecil mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar. Begitu halnya ketika mereka penasaran dengan binatang peliharaan. Orang tua juga harus dapat mengajari anak-anaknya untuk menyayangi binatang itu. Mengapa? Karena yang ada di sekitar bukan hanya manusia saja, melainkan ada binatang dan tumbuhan juga yang perlu disayangi. Jadi menyayangi itu buka hanya fokus ke sesama manusia saja. Akan lebih mudah mengajari kepada anak apabila orang tua juga memelihara binatang itu sendiri karena orang tua dapat langsung memperlihatkannya.

Jika anak tidak mendapatkan informasi yang cukup tentang cara memperlakukan binatang, maka mereka akan menggunakan caranya sendiri. Misalnya dengan menarik ekor, menarik kuping, menjambak rambut dan lainnya. Bukannya kesenangan yang anak dapat, malah bisa membuat anak jadi trauma. Binatang yang tidak diperlakukan sebagaimana mestinya bisa saja mengamuk, mencakar dan lainnya. Tentunya hal itu sangat tidak diinginkan orang tua. Maka dari itu perlunya orang tua mengajari anak untuk menyayangi binatang.

Lalu bagaimana cara orang tua mengajari anak untuk menyayangi binatang?

  • Sebelum memelihara binatang, carilah informasi selengkap-lengkapnya terlehib dahulu. Ini sangat penting, terutama untuk orang tua, supaya bisa memperlakukan dengan baik binatang yang nanti akan dipelihara.
  • ¬†Orang tua harus memberi contoh bagaimana cara mengelus binatang dengan benar. Contohnya saja kucing, binatang ini suka sekali dielus bagian leher atau punggung. Jika orang tua member contoh bagaimana melakukannya, maka anak otomatis akan mengikuti juga.
  • Berikan pemahaman tentang cara menggunakan tali pengekang binatang, cara memperlakukan binatang, memberi tahu kapan binatang peliharaan bisa diajak main atau pas binatang itu sedang tidak ingin diganggu.
  • Kemampuan anak memahami apa yang disukai dan tidak disukai hewan peliharaan akan membuat kepedulian anak muncul sehingga dapat memunculkan rasa simpati pada sesama. Anak juga akan memiliki disiplin dan tanggung jawab tinggi karena sudah terbiasa merawat binatang peliharaan.
  • Anak diberi pemahaman tentang cara bagaimana memberi makan, membersihkan kandang, bahkan kapan waktu tepat untuk memandikan binatang peliharaan.
  • Jangan melarang anak melakukan ini itu. Dengan melarang justru akan membuat anak makin melonjak. Berilah pemahaman pada anak tentang jenis binatang apa yang dipelihara, bagaimana cara memeliharanya, cara supaya tidak digigit atau dicakar, serta member pemahaman apa saja yang boleh dan tidak boleh diberi pada binatang peliharaan. Contohnya saja jangan memberi paracetamol pada kucing yang demam karena bisa membuat kucing mati. Jika binatang peliharaan sakit, segera bawa ke dokter hewan terdekat.

sayang binatang

Memangnya apa sih manfaat dari memelihara binatang peliharaan?

  • Dengan menyayangi binatang, dapat meningkatkan kasih sayang dan perhatian anak terhadap sesama makhluk hidup. Anak-anak yang memelihara binatang¬† ataupun tumbuhan jadi memiliki perhatian dan kasih sayang yang tinggi.
  • Mengajarkan anak pada hal-hal yang berkaitan dengan alam, yaitu ilmu biologi sejak dini. Dengan ini, anak jadi mengetahui bahwa menyanyanyi binatang itu merupakan pelajaran biologi dasar.
  • Meningkatkan rasa sosial dan tanggungjawab pada anak. Keputusan anak untuk memelihara binatang peliharaan dapat mendidik anak untuk bertanggungjawab atas keputusannya itu. Misalnya dengan tanggungjawab memberi makan sesuai waktunya, mengajak binatang peliharaan untuk bermain dan lain sebagainya. Apabila tanggungjawab itu tidak dilakukan oleh si anak, binatang peliharaan pasti akan sedih dan tidak bisa hidup layak sebagaimana mestinya.

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, menyayangi binatang sangat banyak manfaatnya. Bermula dari rasa menyayangi, rasa peduli dan rasa tanggungjawab terhadap binatang, maka anak akan mendapatkan pengalaman yang berharga. Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk mengajari anak Anda menyayangi binatang?