Inilah 8 Pertimbangan Memilih Tempat Les

Orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak-anaknya. Baik untuk kemampuan hardskill maupun softskill. Misalnya saja dengan memberikan les tambahan untuk anak. Namun, sebenarnya perlu tidak sih memberikan les tambahan untuk anak? Pasti sebagian besar menjawab perlu. Lalu apa saja sih yang menjadi Pertimbangan Memilih Tempat Les untuk anak? Tidak mungkin jika orang tua asal memilih tempat les. Pasti akan dilihat dulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini beberapa pertimbangan dalam memilih tempat les:

 

  1. Usia Anak

Usia anak sangat berpengaruh untuk menentukan tempat les mana yang akan diambil. Sesuaikan materi les dengan perkembangan usia mereka. Misalnya anak masih kecil usia preschool, masukkan tempat les yang kegiatannya banyak bermain agar mereka senang dan tidak bosan, selain itu juga mendukung keterampilannya. Jika anak sudah mulai sekolah, kita bisa memilih tempat les yang memberikan materi-materi yang mendukung tumbuh kembangnya tentu saja dengan metode yang menyenangkan supaya anak tetap bersemangat. Jadi orang tua tidak asal memilih saja.

 

  1. Minat Anak

Orang tua harus mengetahui minat si kecil di bidang apa. Jangan sampai anak terpaksa mengikuti les yang bukan minat mereka, karena itu bisa membuat anak stres bahkan bisa sampai depresi.

 

  1. Waktu Les

jangan sampai mengganggu waktu istirahat anak. Mengapa? Anak-anak membutuhkan waktu istirahat lebih dari orang dewasa. Jangan sampai kegiatan les mengurangi waktu istirahatnya sehingga mereka menjadi kelelahan dan sakit. Idealnya durasi waktu les untuk anak tidak lebih dari 2 jam.

 

  1. Jarak dari rumah

Alangkah baiknya jika tempat les tidak terlalu jauh dari rumah. Jarak yang terlalu jauh bisa membuat anak lelah, membuang waktu dan tenaga. Selain itu, jarak dekat bisa memudahkan orang tua melakukan pengawasan. Apalagi bagi orang tua yang sibuk, pasti akan bingung mengantar anak les, kecuali tempat les nya menyediakan jasa antar jemput.

 

  1. Lingkungan Les

Kita harus tahu bagaimana lingkungan tempat les-nya, orang-orangnya ramah, fasilitasnya mendukung, amankah untuk anak-anak. Lingkungan yang tenang bisa jadi tempat les yang sangat menyenangkan.

 

  1. Kemampuan Finansial

Biaya les juga harus diperhatikan.  Jangan sampai ketika anak telah mengikuti les tiba-tiba harus berhenti di tengah-tengah karena finansial padahal anak sedang seneng-senengnya. Bisa jadi si anak malah akan kecewa dan tidak mau ikut les lagi.

 

  1. Disesuaikan dengan Karakter Anak

Pemilihan tempat les juga harus disesuaikan dengan karakter si anak. Misalnya saja jika si anak ternyata pemalu. Anak yang pemalu jangan diikutkan les privat karena itu justru menambah sifat pemalunya. Anak pemalu baiknya diikutkan les umum supaya dia terbiasa dengan lingkungan baru dan bersosialisasi dengan teman lain agar tidak tumbuh menjadi anak yang minder.

 

Atau jika anak kita tidak mau diatur dan maunya menang sendiri. Ikutkan les yang memiliki kegiatan kelompok agar mereka terbiasa melakukan hal bersama dan tidak menuruti egonya sendiri.

 

Bagaimana dengan anak yang penakut? Si anak penakut bisa diikutkan les-les yang melatih keberaniannya seperti musik, olahraga, ataupun sains. Sedangkan anak yang super aktif dan tidak bisa diam bisa dilatih konsentrasinya dalam les keterampilan seperti art n craft.

 

  1. Biarkan Anak Memilih

Setelah orang tua memiliki beberapa referensi tempat les, libatkan anak dalam memilihnya karena anak yang akan menjalani proses belajar maka biarkan dia memilih mana yang anak anda sukai. Jangan paksakan kehendak Anda kepada si anak secara mutlak. Mereka juga harus ikut andil dalam memilih tempat les.

Mungkin itu saja Pertimbangan Memilih Tempat Les untuk anak yang perlu anda ketahui.