Ini Yang Harus Anda Lakukan Ini Jika Anak Susah Makan

anak susah makan

 

Anak susah makan merupakan hal biasa namun juga jangan disepelekan. Biasanya si kecil akan memilih-milih makanan mana yang dia suka dan tidak suka. Misalnya saja si kecil suka makan daging dan tidak suka makan sayuran. Maka dia akan makan makanan apa saja asal ada dagingnya. Namun sebaliknya, bila ada sayuran, dia akan menyingkirkannya atau bahkan membuangnya karena tidak suka. Banyak memilih-mulih makanan bisa membuat si kecil mengalami obesitas ata bahkan berat badannya kurang dari erat badan normal pada usianya. Apalagi kalau sampai susah makan, si kecil bisa saja kekurangan gizi yang diperlukannya. Bisa membuat daya tahan tubuh si kecil menurun juga. Jika anak mengalami obestas atau bahkan berat badannya lebih rendah dari berat badan normal, yang pertama harus Anda lakukan adalah berkonsultasi pada dokter ​anak ​ataupun ahli gizi.Hal itu tentunya sangat membuat orang tua khawatir. Namun jangan khawatir, Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara mudah ini. Jika si kecil tidak ada gangguan atau masalah medis, Anda dapat meningkatkan berat badannya dengan konsumsi makanan sehat.

Lalu, bagaimana jika memberikan junk food pada anak yang kekurangan berat badan? Junk food mengandung kalori kosong alias hanya mengandung lemak dan juga gula yang dapat tingkatkan berat badan. Namun, makanan ini tidak memberikan nutrisi yang diperlukan ​untuk tumbuh kembang​ otak serta tulang si kecil. Maka dari itu sebaiknya hindari memberikan junk food karena tidak memberikan nutrisi untuk si kecil.

Jika anak mengalami kekurangan berat badan​ mulailah dengan memberikan makanan ringan yang padat nutrisi. Berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda berikan untuk menambah berat badan si kecil.

1. Camilan berprotein
Makanan yang mempunyai protein banyak sangat cocok untuk menaikkan berat badan si kecil dengan cepat. Sumber protein juga sangat baik untuk membangun jaringan sel tubuh dan otak anak. Protein ada di beberapa makanan. Misalnya saja ikan gabus, telur, selai kacang, sup, susu dan keju. Makanan ini sangat baik untuk diberikan pada si kecil. Makanan protein ini sangat enak jika dipadukan dengan rti gandum atau pasta karena mengandung karbohidrat.

2. Makanan sehat tinggi kalori
Selanjutnya adalah makanan sehat yang tinggi kalori. Buah alpukat tak hanya mengandung vitamin tapi juga lemak tidak jenuh yang sehat untuk anak. Anda dapat mengolah buah alpukat menjadi smoothies dengan menambahkan buah-buahan favoritnya serta yoghurt. Atau bisa juga dengan dibuat jus alpukat saja.

3. Susu
Susu mengandung kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang si kecil. Selain itu, susu juga kaya akan protein dan juga lemak yang sangat baik untuk membuat tubuh si kecil lebih berenergi dan juga dapat menambah berat badan. Selain langsung diminum, susu juga dapat Anda olah atau padukan dengan smoothies, cake ataupun puding. Jika si kecil alergi terhadap protein susu sapi, bisa diganti dengan susu kedelai.

4. Minyak
Minyak mengandung lemak yang sangat cepat membantu meningkatkan berat badan si kecil. Agar tak banyak teroksidasi, sebaiknya masukkan minyak tanpa proses pemasakan. Pilihlah minyak yang baik untuk si anak, misalnya saja minyak zaitun (olive oil) karena minyak ini sangat menyehatkan. Ada beberapa macam minyak zaitun, pilihlah sesuai kebutuhan. Anda dapat menuangkan minyak zaitun ke dalam sup si kecil. Atau bisa juga menuangkan extra virgin oliveoil pada salad. Selain itu, konsumsi sayur dan buah juga wajib dilakukan setiap hari untuk si kecil agar pencernaannya lancar dan vitaminnya terpenuhi.

Itu tadi beberapa cara jika anak susah makan. Semoga bermanfaat.