Cara Mudah Mengajak Anak Mandi

anak mandi

Anak-anak memang cukup susah untuk diajak mandi. Terkadang harus main kucing-kucingan dulu. Menghadapi tingkah si anak yang memasuki usia balita memang terkadang membuat orang tua geleng-geleng kepala. Tidak sedikit pula yang marah bahkan stres menghadapi mereka. Namun di balik keusilannya itu, ternyata si kecil sedang memulai mengembangkan kreativitasnya. Rasa ingin tahu semakin lama semakin meningkat sehingga anak-anak kerap sibuk untuk mengeksplorasi lingkungan yang ada di sekitarnya. Si anak ini pasti akrab dengan berbagai macam noda seperti debu, air kotor dan lainnya. Satu-satunya cara ya hanya mengajaknya mandi, supaya si anak kembali bersih. Selain itu mandi juga baik untuk kesehatan.

Apakah Anda mengalami pengalaman yang sama dengan si kecil? Jangan putus asa dulu, yuk kita bahas beberapa cara supaya si kecil gampang diajak mandi.

  1. Jangan memarahi anak. Apabila anak Anda sulit atau tak mau disuruh mandi, jangan pernah memarahinya. Namun berilah pengertian pada si kecil kalau aktivitasnya saat ini akan lebih menyenangkan jika sudah mandi. Bisa juga dengan membawa serta mainan yang tengah dimainkannya untuk ikut mandi.
  2. Biasakan si kecil untuk mandi pada jam yang sama setiap hari. Ini penting untuk melatihnya belajar disiplin dan kesadaran dirinya. Karena si kecil akan mengingat kapan saja dia harus mandi.
  3. Sediakan mainan seru di kamar mandi dan atau perlengkapan mandi lucu yang sesuai dengan karakter anak Anda.
  4. Gunakan sabun yang cocok untuk kulit anak Anda. Salah memilih sabun malah akan membuat kulit anak Anda iritasi. Cari juga yang bentuknya unik atau lucu.
  5. Cari tau penyebab si kecil tidak mau mandi,  bila si kecil tetap menolak meski berulang kali di bujuk, ada kemungkinan si kecil sedang tidak enak badan namun belum dapat mengutarakannya secara langsung

Ada beberapa trik yang bisa dipakai untuk membuat anak mau diajak mandi. Salah satunya dengan permainan gelembung. Anak-anak pasti senang sekali jika melihat gelembung-gelembung yang bisa disembulkan itu. Anda bisa menyiapkan hal-hal ini untuk membuat anak Anda menurut saat diajak mandi.

ajarkan anak mandi

Peralatan

  1. Mangkok plastik kecil atau bisa gunakan wadah apa aja.
  2. Sabun cair/shampo.
  3. Air.
  4. Kawat, dibuat secara melingkar dengan berbagai diameter yang disambung dengan sedotan.
  5. Selang air.
  6. Bak mandi/ember

Cara bermain : 

  1. Buatlah campuran sabun/shampo dengan air. Taruh dalam mangkuk plastik, aduk sampai berbusa.
  2. Isi bak mandi atau ember dengan air sampai setengahnya, lalu beri sedikit sabun cair sampai berbusa banyak. Mintalah si kecil untuk masuk ke dalam baknya.
  3. Gunakan lingkaran kawat yang telah dibuat tadi untuk membuat gelembung-gelembung. Ajak si kecil untuk belajar meniup gelembung. Ini mungkin pertama kalinya anak Anda bermain gelembung, jadi awalnya memang agak sulit untuk mengajarinya. Jangan marahi dia jika dia tidak langsung bisa meniup gelembung-gelembung. Biarkan dia memainkan sendiri.
  4. Jika hari sedang cerah, tidak ada salahnya Anda mengajaknya mandi di halaman, karena gelembung akan lebih menarik jika terkena sinar matahari.

mandi diluar

Cukup mudah kan? Ini merupakan salah satu cara mudah mengajak anak mandi. Dengan mengajak anak Anda mandi sambil bermain gelembung tentunya jadi sangat menyenangkan bahkan lebih seru daripada biasanya. Anak kan lebih mudah untuk diajk mandi. Hal ini juga membuat Anda dan anak Anda semakin erat hubungannya. Anda bisa mempraktekkannya di rumah dengan anak Anda.