Bongkar Rahasia Supaya Si Kecil Tidak Mudah Sakit Pada Cuaca Panas

Menurut kalian bagaimana cuaca di Indonesia sekarang ini? Panas? Ya benar. Cuaca panas berangin ini sangat mudah menurunkan daya tahan tubuh anak lho. Hasilnya bisa saja si anakpun mudah jatuh sakit. ​ Untuk mencegahnya, ​berikan makanan kaya nutrisi dan juga jaga kebersihan tubuhnya.​
Saat anak sedang sakit tentu akan banyak hal yang harus dikorbankan. Misalnya saya pengeluaran jadi membengkak. Tentunya orang tua tidak ingin anaknya sakit kan? Agar hal ini tidak terjadi, tentu perlu dilakukan pencegahan. Caranya adalah memberikan makanan sehat, melakukan pola hidup yang​ sehat ​serta tetap menjaga kebersihan sebelum makan. Jauh lebih baik mencegah daripada menyembuhkan. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan oleh para ibu agar si kecil tak mudah sakit. Yuk dibahas satu-persatu.

Perbanyak Buah dan Sayuran
Pasti tahu kan ya kalau buah dan sayuran sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Buah dan sayuran ini mengandung vitamin dan juga antioksidan. Kedua enyawa ini dapat membantu tubuh melawan penyakit. Untuk mendapatkan buah dengan kandungan antioksidan tinggi, Anda dapat memilih yang berwarna cerah seperti bayam, jeruk, tomat, wortel, buah naga, dan lain-lain.

Vitamin C juga banyak terkandung dalam buah jambu biji, nanas, melon, jeruk dan juga anggur. Selain itu, brokoli serta apel juga kaya akan vitamin C. Buah dan sayur ini dapat Anda masak sesuai selera. Rutin makan sayur dan buah dapat menghindarkan si kecil dari penyakit batuk hingga flu lho.

Keutamaan ASI

Berikan ASI
Sampai saat ini hanya ASI yang menjadi satu-satunya minuman terbaik untuk bayi. ASI juga mengandung zat antibodi dan dapat membantu tingkatkan sel darah putih. Maka dari itu ASI dapa meningkatkan kekebalan tubuh si bayi. Beberapa studi mengatakan bahwa ASI dapat tingkatkan kekutaan otak bayi. American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk memberikan ASI saja selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun.

Kurangi Konsumsi Gula
Apakah anak Anda s​uka ngemil​ kue, biskuit, permen dan cokelat? Anda harus mengurangi konsumsi gula pada anak. Karena kelebihan gula dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh si kecil sehingga sistem kekebalannya akan semakin menurun.

Salah satu cara untuk mengurangi konsumsi gula berlebih pada anak adalah dengan cara mengolah makanan atau minuman dari buah. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan madu asli ke dalam sajian minuman untuk menambah rasa manis.

makanan mengandung zinc
Bahan Makanan Mengandung Zinc
Tambahkan beberapa bahan makanan yang mengandung zinc pada menu makan si anak. Konsumsi bahan makanan yang mengandung zinc bisa membuat tubuh si kecil lebih sehat. Zinc biasanya dapat ditemukan dalam telur, daging merah, kacang-kacangan hingga seafood. Zinc dapat membantu tubuh melawan infeksi dan juga virus.

 

Tidur Cukup
Di masa pertumbuhannya si kecil harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini sangat penting karena jika si kecil kurang tidur dapat menyebabkan stres, memicu turunnya sistem kekebalan tubuh sehingga risiko terkena penyakit infeksi meningkat. Jika seseorang kekurangan tidur kurang lebih selama 6 hari maka kekebalan tubuh akan menurun dan dapat menyebabkan flu serta pilek.
Cuci Tangan Dengan Sabun
Hayo siapa yang malas cuci tangan? Padahal sering pegang ini dan itu. Barang-barang yang berada di​ ​sekitar kita banyak mengandung ​kuman​ lho. Maka dari itu tangan menjadi salah satu media ​kuman dan​ bakteri berkembang. Anak-anak juga harus dibiasakan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan. Jika tangan bersih, tentu bakteri tidak akan masuk ke dalam tubuh si kecil. Selain cuci tangan, kuku anak-anak juga harus dipotong supaya kotoran tidak masuk ke kuku.