Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

belajar-bahasa-inggris

Di era globalisasi ini, di mana segala hal bergerak dengan kecepatan yang tinggi tanpa adanya batas oleh jarak, kebutuhan komunikasi mungkin telah menjadi kebutuhan primer. Setiap makhluk sosial tentu butuh berkomunikasi. Apalagi di era globalisasi, komunikasi tak hanya berada dalam ruang lingkup yang sempit, tapi juga ruang lingkup dunia.

Kini kita semua, baik orang tua maupun anak-anak, dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan masyarakat dari belahan dunia lain. Oleh karena itu, bahasa Inggris telah menjadi modal utama yang harus dikuasai dalam berbagai hal, seperti melamar kerja, masuk sekolah, bahkan kini untuk mengerjakan tugas sekolah.

Bisa dibayangkan betapa terhambatnya aktivitas seorang anak bila ia tak pandai berbahasa Inggris.

Anak kecil adalah manusia yang sistem sarafnya masih dapat berkembang dengan pesat. Apalagi bila anak masih berada dalam periode emas, yaitu usia satu hingga tiga tahun. Maka dari itu memberi rangsangan dan intervensi dini sejak anak-anak sangat penting Karenna pembelajaran di masa kanak-kanak terbukti merupakan pembelajaran yang paling efektif.

Kita tentu ingin memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dengan mengajarkan mereka bahasa Inggris. Nah, cara di bawah ini dapat diterapkan oleh orang tua di rumah agar anak bisa cepat belajar bahasa Inggris:

  1. Speaking

Biasakan berbicara bahasa Inggris selama di rumah. Eits, tapi bicara bahasa Inggris ini jangan dilakukan setiap hari karena bisa-bisa anak malah lupa dengan bahasa ibunya sendiri. cukup sehari dalam seminggu, adakan yang namanya English Day. Pada English Day, seluruh anggota keluarga harus berani bicara dalam bahasa Inggris.

Bila ada yang salah, baik dalam penggunaan kosakata, grammar, maupun pronounciation, semua anggota keluarga bisa saling mengingatkan.

  1. Listening

Teknologi sekarang sudah sangat canggih. Ada TV kabel, ada pula Youtube. Anda bisa membiasakan anak menonton kartun berbahasa Inggris atau acara ensiklopedia berbahasa Inggris, baik di TV maupun streaming bersama. Usahakan untuk tidak menggunakan subtitle ketika menontonnya.

Nyanyikan pula lagu-lagu bahasa Inggris bersama anak. Berikan suasana ceria dalam belajar agar anak anda tidak merasa bosan dan justru merasa ketagihan.

  1. Reading

Jangan hanya membelikan anak bacaan dalam bahasa Indonesia. Belikan pula bacaan berbahasa Inggris. Belikan bacaan yang ringan seperti dongeng, majalah bergambar, dan ensiklopedia. Pilihlah pula bacaan dengan tingkat kesulitan bahasa Inggris yang bertahap, mulai dari yang sangat mudah hingga ke yang sangat susah.

Sesungguhnya membaca saja sudah merupakan hobi yang baik bila dimiliki oleh seorang anak. Apalagi bila kegiatan membaca itu dipadukan dengankegiatan belajar, seperti belajar bahasa Inggris, hal itu akan menjadi double nilai plus bagi anak anda.

  1. Writing

Hobi menulis sebenarnya adalah hobi yang baik, sama seperti hobi membaca. Biasanya anak yang gemar membaca akan gemar menulis pula. Budayakan anak untuk senang menulis. Entah menulis buku harian, cerita fiksi, atau bahkan penelitian kecil-kecilan.

Setelah anak anda memiliki kesenangan dalam aktivitas menulis, ajaklah anak anda untuk mencoba menulis dalam bahasa Inggris. Sediakan kamus untuknya. Awalnya hal ini memang akan sangat susah, namun percayalah bahwa segala hal yang susah akan menjadi mudah bila telah terbiasa.

Sesuatu yang sulit akan menjadi mudah bila kita telah menjadikannya sebuah budaya yang mendarah daging dalam diri kita. Begitu pula halnya dengan belajar. Budayakan belajar di lingkungan keluarga anda. Tekankan selalu pada anak bahwa belajar akan membantu kita dalam menghadapi kehidupan kelak, termasuk dalam hal ini belajar bahasa Inggris.

Bila anak mendapat kesulitan ketika sedang belajar bahasa Inggris, anda tak boleh acuh. Anda pun harus mau belajar bersama danbmembantunya. Bila belajar terasa ringan, anak anda akan menjadi ketagihan dalam belajar.

Ingatlah bahwa seseorang baru bisa menjadi ahli setelah memiliki jam terbang yang tinggi, begitu pula anak kita.