Beginilah Sunnah Rasulullah Tentang Etika Berpakaian Pada Wanita Muslim

sunnah rasulullah tentang etika berpakaian

Segala puji bagi Allah dalam setiap keadaan, damai dan rahmat kasih atas Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Kita seharusnya selalu bersyukur kepada Allah, karena kita masih diberikan nafas. Tentunya menjalani kehidupan yang lebih baik, selalu berpikir positif dan jangan lupa selalu zakat, sedekah, berbagi kepada orang yang membutuhkan yah!. Apakah Anda tahu etika berpakaian pada wanita muslim yang sesuai dengan syariat Islam? Jika Anda belum mengetahui, di bawah ini kami akan sharing mengenai sunnah rasulullah tentang etika berpakaian pada wanita muslim yang baik dan benar, tentunya dengan syariat Islam. Silahkan menyimak Nuqtoh Fams:

 

Cara berpakaian wanita muslim yang baik dan benar:

  1. Anda harus mengenakan pakaian yang menutup aurat

Mari kita simak dalil dari Al-Qur’an tentang aurat

“Wahai Nabi, suruhlah isteri-isterimu dan anak-anak perempuanmu serta perempuan-perempuan yang beriman, supaya melabuhkan pakaiannya bagi menutup seluruh tubuhnya (semasa mereka keluar); cara yang demikian lebih sesuai untuk mereka dikenal (sebagai perempuan yang baik-baik) maka dengan itu mereka tidak diganggu. Dan (ingatlah) Allah adalah Maha Pengampun, lagi Maha Mengasihani.” (Surah Al-Ahzab, ayat 59).

Cukup jelas bukan?

  1. Pilih dan mengenakan pakaian jangan terlalu ketat atau sempit, sehingga laki-laki tidak nafsu dengan Anda.
  2. Anda mengenakan pakaian yang sopan, sederhana, sesuai dengan syariat Islam dan tidak untuk pamer atau bermegah-megah atau menunjukkan kesombongan dalam mengenakan pakaian.
  3. Salah satu menutup aurat yaitu menggunakan jilbab.

 

Wanita ber jilbab akan tampil cantik dan cara menggunakan secara benar serta sesuai dengan syariat Islam

Di bawah ini terdapat ayat Al-Qur’an yang berisi wanita ber jilbab, silahkan menyimak yah Nuqtoh Fams:

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita…” (An-Nur:31).

Lalu menurut Anda apakah arti jilbab itu? Menurut Wikipedia Indonesia, Jilbāb (Arab: جلباب ) adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab.

Kami akhiri sharing mengenai sunnah rasulullah tentang etika berpakaian pada wanita muslim. Apabila Anda ingin menambahkan, silahkan mengisi pada kolom komentar yah Nuqtoh Fams.