Kenyamanan Anak dalam Berbusana Muslim

49

Dalam mendidik anak-anaknya memperdalam agama Islam, orangtua mempunyai kewajiban dalam mengarahkan anaknya untuk berbusana secara baik dan benar sesuai syariat agama. Memperkenalkan busana muslim bagi anak merupakan salah satu cara agar anak lebih mengenal agamanya. Terutama bagi anak perempuan yang harus diarahkan betul-betul semenjak dini. Karena kebiasaan yang ditanamkan semenjak kecil tentunya akan melekat hingga mereka dewasa nantinya.

Perkembangan busana muslim saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada begitu banyak pilihan model busana muslim yang ada di pasaran. Jika dulu busana muslim pada umumnya atasan berupa baju lengan panjang dengan rok panjang untuk perempuan dan celana panjang untuk laki-laki, saat ini ada berbagai macam model busana muslim seperti gamis, batik, sarimbit, koko denim, koko bordir, kaos karakter anak, kaos distro muslim, dan masih banyak lagi.  Dengan adanya berbagai macam model busana muslim, tingkat kesopanan tetap harus diperhatikan oleh Bunda dalam memilihkan busana untuk buah hatinya.

Terkadang Bunda seringkali bingung dalam memilih busana muslim. Tanpa disadari sangat memungkinkan Bunda terlalu fokus pada model yang lucu dan modis dan seringkali tidak memperdulikan bahannya, apakah bahan baju tersebut transparan atau tidak dan semacamnya. Padahal sebenarnya yang terpenting adalah busana muslim yang memberikan kenyamanan bagi buah hati Bunda.

Meskipun terdapat berbagai model yang dapat dipilih oleh Bunda, namun terdapat hal-hal yang harus diperhatikan Bunda dalam memilih busana muslim untuk anak agar bisa dikenakan dengan nyaman. Disamping tingkat keindahan dan kenyamanan, jangan lupa untuk memperhatikan nilai-nilai Islam dalam penggunaan baju muslim anak. Nah berikut ini beberapa hal yang bisa dipertimbangkan oleh Bunda dalam memilih busana muslim buah hati:

  1. Pilih bahan yang nyaman dipakai

Bahan pakaian adalah hal utama yang perlu Bunda perhatikan dalam memilih busana agar buah hati merasa nyaman memakainya. Pada dasarnya anak kecil memiliki kulit yang lebih sensitif daripada orang dewasa, jadi usahakan melakukan pemilihan bahan yang tepat. Untuk jilbab, usahakan menghindari jilbab dengan bahan licin karena akan menyulitkan buah hati dalam melakukan aktivitasnya.

  1. Sesuaikan baju dengan aktivitas buah hati

Pilihlah baju yang sesuai dengan aktivitas anak Bunda, sesuai dengan tingkah lakunya. Contohnya untuk anak perempuan yang pendiam Bunda bisa memberikan baju gamis dengan motif bunga yang simpel dan tidak terlalu ramai dan terlihat natural. Jangan lupa mempertimbangkan bentuk badan buah hati. Jika anak anda memiliki bentuk badan gendut usahakan jangan memilih baju yang ukurannya pas dengan badan, pilihlah yang sedikit besar agar ia tetap merasa nyaman. Jika anak Bunda kurus, baju dengan kerutan dapat menjadi pilihan Bunda.

Pilihlah pula baju kaos anak untuk menemani hari si kecil yang aktif bermain di luar rumah. Tentunya kaos anak perempuan berbeda dengan anak laki-laki. Untuk mendapatkan baju kaos anak yang sesuai dengan karakter muslim sekaligus branded, Bunda bisa memilih membeli kaos di ‘nuqtoh’.

  1. Pilih warna yang sesuai

Setiap orang memiliki warna kesukaan, begitu pula anak. Jadi pilihlah busana muslim dengan warna favorit mereka. Hal ini tentunya akan menimbulkan perasaan senang dalam diri anak selama memakai busana muslim tersebut.

  1. Cari model yang tidak ribet

Sesuaikan model baju anak berdasarkan usia dan karakter anak. Untuk anak laki-laki, baju koko dengan model yang simpel bisa menjadi pilihan. Sementara untuk anak perempuan, bisa model terusan ataupun setelan. Perhatikan karakter buah hati Bunda, karena anak perempuan pendiam akan lebih nyaman jika mengunakan gamis terusan, sementara jika anak perempuan Bunda bersikap sedikit lebih tomboy, busana setelan baju dan celana akan menjadi pilihan yang terbaik.

  1. Pertimbangkan aksesoris baju

Aksesoris yang menempel pada busana muslim anak juga perlu Bunda perhatikan. Usahakan menghindari pemakaian aksesoris berlebihan pada anak usia 3 tahun kebawah. Karena aksesoris tersebut bisa dianggap sebagai mainan oleh anak Bunda sehingga memungkinkan untuk mudah terlepas.

Bagaimana Bunda ? Sudahkan Bunda memilihkan Busana muslim yang terbaik untuk anak Bunda ? Bukan hanya sekadar cantik tetapi busana yang dapat memberikan kenyamanan pada buah hati Bunda.