Bagaimana Penanganan Kaki Anak Terkilir (Jangan Buru-buru Ke Tukang Pijat)

Penanganan Kaki Anak Terkilir

Masa kanak-kanak memang menyenangkan, apalagi ketika bisa bermain bersama teman-teman sejawat. Bisa bermain petak umpet, bola, lompat tali atau permainan lainnya. Namun terkadang ketika si anak sedang bermain, dia terkilir karena terjatuh atau kepeleset. Saat anak Anda terkilir atau patah tulang, apa yang Anda lakukan? Bagaimana Penanganan Kaki Anak Terkilir ? Pertama, jangan sembarangan memijat bagian tubuh yang terkilir karena bisa-bisa malah menjadi cacat. Apalagi memercayakan penanganan pada dukun pijat abal-abal. Pijat urut sah-sah saja dilakukan. Tapi sebaiknya dilakukan saat tidak sedang cedera. Sebab pijat sebenarnya bukan untuk mengobati suatu penyakit, melainkan untuk membuat rileks tubuh sehingga terasa lebih nyaman.

Dr Andri Primadhi, SpOT salah seorang spesialis orthopaedi dan traumatologi memberikan penjelasan singkat tentang cedera yang tidak boleh diurut. “Setiap cedera sangat dilarang untuk diurut. Terbayang akibatnya bila jaringan yang sedang mengalami cedera, diurut-urut. Cedera akan semakin berat dan dapat mencederai jaringan sekitarnya,” ucapnya.

Selain itu, bila ternyata yang terjadi adalah patah tulang, bukan cedera biasa, maka patahan tulang yang tajam dapat melukai pembuluh darah, otot, dan saraf, apabila diurut-urut. Lalu pertolongan pertama apa yang harus dilakukan? Jika si kecil terkilir, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah istirahatkan anggota tubuh yang terkilir, kompres dengan air dingin, beri perban elastis dan tinggikan posisinya dengan menggunakan bantal.

Hal senada juga disampaikan dr Donny Kurniawan, SpKO . Saat terkilir, ujar dr Donny, cedera menyerang bagian jaringan otot atau tendon. Jika terjadi kerusakan pada jaringan, ada pendarahan dalam karena pecahnya pembuluh darah. Hal ini yang menyebabkan, jika diberi tekanan pada tempat keseleo akan membuat kerusakan semakin parah. Kalau dipijit cedera tidak akan kempes namun justru akan bertambah bengkak.  Dia juga menambahkan jikalau tetap ingin membawa si kecil ke tukang urut, maka pastikan pijatan hanya di sekitar lokasi cedera, jangan di tempat yang terkena cidera. karena tujuannya untuk memperlancar aliran darah. Yang paling penting, jangan memijat di area yang cedera.

“Pernah lakukan penelitian, 80 persen yang ke dukun patah tulang malah cacat. Soal cacat ini memang tergantung acceptabilitas-nya. Ada yang nggak merasa cacat padahal sendi jadi lebih pendek atau menjadi pincang,” ujar spesialis ortopedi dr Rahyussalim, SpOT, K-Spine. Dia menjelaskan banyak pasien yang datang berobat ke pengobatan alternatif dan setelah beberapa saat justru fungsi tulang yang patah tidak normal lagi. Beberapa orang ada yang jalannya pincang, rentang sendi tidak maksimal, nyeri kronis, dan sebagainya. Terkait istilah ‘keseleo’, menurutnya setiap orang punya pengertian yang berbeda-beda. Namun dalam medis, tidak ada istilah keseleo.

“Tidak ada yang bisa mengartikan apakan pengertian keseleo itu robeknya otot, atau putusnya tendon, luka atau memar. Lalu istilah salah urat itu apa? Urat melakukan kesalahan apa? Kalau keseleo diartikan sebagai putusnya urat tentu pengobatannya ya menyambung urat yang putus,” tutur Rahyussalim.

Sedangkan dalam medis yang dikenal adalah istilah fraktur yang berarti patah tulang, di mana terjadi terputusnya kontinuitas tulang dan ditentukan sesuai jenis dan luasnya. Karena itu jika seseorang mengalami patah tulang, seharusnya pergi ke dokter dan bukan ke dukun patah tulang untuk dipijat.

“Massage itu sehat, dan untuk orang sehat. Misal urat putus lalu diurut dan jadi nyambung ya itu nggak akan terjadi. Kalau diurut, lalu dia sembuh artinya tidak ada apa-apa. Maksudnya, dibiarkan saja tanpa diurut juga akan sembuh sendiri,” papar Rahyussalim.

Apa yang harus dilakukan jika seseorang kakinya sakit akibat terjatuh? “Pastikan dulu ada apa dengan pemeriksaan MRI. Soalnya kalau langsung ke dukun pijat dan diurut, sesudahnya kebanyakan malah semakin bengkak,” ucap Rahyussalim.

Maka dari itu berhati-hatilah sebelum membawa si kecil ke panti pijat. Pastikan keadaannya bagaimana. Apabila tetap ingin memijatkan si kecil, maka mintalah pijat di bagian lokasi cidera ya, bukan di area cidera. Semoga artikel Penanganan Kaki Anak Terkilir  ini bermanfaat.