Bagaimana Cara Berkomunikasi Dengan Bayi

Cara Berkomunikasi Dengan Bayi

Bayi yang baru saja lahir belum bisa berkomunikasi langsung dengan orang lain secara jelas. Namun tanpa disadari, si bayi sedang berkomunikasi dengan caranya sendiri. Maka dari itu orang tua juga harus mempelajari cara-cara bayi untuk berkomunikasi dengan orang tuanya. Supaya orang tua juga tahu apa yang diisyaratkan oleh si bayi.

bayi senyum

Senyuman

Biasanya bayi yang masih berusia 1-2 bulan sering tersenyum. Hal itu merupakan salah satu cara si bayi untuk menunjukkan ekspresi apapun yang sedang dirasakanna. Apabila terjadi kontak dengan bayi, biasaya bayi pun akan tersenyum. Setelah terbiasa dengan orang tuanya, dia akan mulai terbiasa dengan orang-orang yang dekat dan sayang kepadanya. Sedangkan pada bayi yang berusia 3-6 bulan, si bayi akan mulai meniru berbagai ekspresi wajah yang terlihat dari orang-orang yang sering dilihatnya. Misalnya saja si bayi meniru ekspresi ceria, senang, sedih, takut, marah, terkejut dan lain sebagainya. Jadi, jangan sembarangan menunjukkan ekspresi ya jika Anda sedang berhadapan dengan si kecil ini.

Tangan Mengepal

Sering melihat tangan bayi mengepal kan? Nah, cara ini merupakan cara untuk menunjukkan bahwa si bayi sedang lapar. Apabila setelah diberikan makan atau minum, maka mereka akan mulai melepaskan kepalan tangan itu.

Meregang

Ada juga bayi yang usianya baru beberapa minggu saja sudah mulai meregangkan dan membengkokkan punggungnya. Si bayi juga mulai menengadahkan kepalanya. Ini bisa jadi merupakan tanda si bayi sedang merasa tidak nyaman dengan keadaan. Bisa juga pertandan bahwa si bayi sudah terlalu kenyang menyusu atau sedang mencari posisi lain yang nyaman untuknya. Namun jika hal ini dilakukan oleh bayi yang berusia 4-5 bulan, maka hal ini merupakan tanda bahwa si bayi akan belajar berguling untuk pertama kalinya.

mengusap telinga

Mengusap Telinga

Apabila si bayi merasa kelelahan bisa karena terlalu banyak bermain, lelah karena tidak bisa buang angin atau pun bersendawa maka si bayi biasanya menunjukkan kode dengan cara mengusap-usap telinganya. Bantu si bayi untuk bersendawa juga. Jika Anda mendengarkan musik pada si bayi, matikan ya jika sudah mendengarkannya selama satu jam atau lebih. Nah, bila si bayi menarik-narik telinganya nih, bisa jadi si bayi merasakan sakit di dalam telinganya.

Tangan Memegang Kedua Kaki

Bayi juga senang memegang kedua kakinya. Hal ini biasanya menunjukkan bahwa si bayi sedang ingin bermain dengan Anda. Coba letakkan si bayi di pangkuan Anda, gunakanlah boneka tangan atau bisa dengan mainan lainnya. Mendongenglah.  Jangan lupa untuk memperhatika ekspresi wajahnya ya. Apabila dia mulai memalingkan wajah, maka sudahi saja mendongengnya karena si bayi merasa bosan. Lalu letakkan kembali si bayi ke tempat tidurnya, biarkan dia beristirahat.

Kepala Bergerak Dari Satu Sisi Ke Sisi Lain

Jika bayi Anda melakukan gerakan ini, bisa jadi si bayi sedang merasa lelah. Coba ganti posisi tidur si bayi. Misalnya dari posisi terlentang ke posisi tengkurap atau sebalikya. Bisa juga dengan menggendongnya.

Menggeliat

Si bayi yang senang menggerakkan pantat dari satu sisi ke sisi lain bisa dikarenakan popoknya basah atau dingin. Maka, sesekali cek ya lalu ganti dengan popok yang baru. Naikkan suhu ruangan atau gunakan selimut untuk menghangatkan tubuh bayi. Hal ini tentunya akan membuat bayi merasa lebih nyaman dan hangat.

Memalingkan Wajah

Pernah kan melihat si bayi memalingkan wajah dari Anda? Itu bisa jadi karena si bayi sedang bosan. Dia sedang tidak senang dengan berbagai rangsangan yang Anda berikan. Bisa juga karena sedang tidak tertarik dengan yang Anda lakukan kepada si bayi.

Itu tadi beberapa cara untuk berkomunikasi dengan si bayi. Kalau kita sudah tau apa makna dari yang mereka lakukan, nantinya kita juga akan lebih tanggap ketika merawatnya.