Apa Yang Harus Anda Lakukan Jika Anak Sulit Beradaptasi Di Sekolah?

Anak Sulit Beradaptasi Di Sekolah

Jika anak Anda baru saja masuk sekolah, maka dia juga baru saja memasuki lingkungan baru yang belum pernah dia tempati sebelumnya. Maka dari itu si anak akan mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya itu. Bukan hanya anak saja yang harus beradaptasi dengan lingkungan baru, bahkan orang dewasa pun tetap harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang mereka tempati. Bagi anak, beradaptasi di lingkungan pasti membutuhkan waktu dan proses. Biasanya dalam proses beradaptasi itu, akan ada suasana yang kurang nyaman yang dirasakan si anak. LaluĀ Apa Yang Harus Anda Lakukan Jika Anak Sulit Beradaptasi Di Sekolah?

Jika si anak sulit beradaptasi di sekolah, maka seringkali juga akan membuat orangtua kebingungan bahkan khawatir. Sehingga dapat mempengaruhi aktivitas orangtua lainnya karena merasa tidak tenang meninggalkan buah hatinya di sekolah yang merasa belum nyaman. Lalu apa sih yang menyebabkan si anak sulit beradaptasi dengan lingkungan barunya itu?

 

Balita Merasa Tidak Percaya Diri

Sebenarnya tidak hanya anak saja yang merasa tidak percaya diri berada di dalam kerumunan orang baru, orang yang sudah dewasa pun juga sering merasakan demikian. Namun jangan takut, karena itu hanyalah ekspresi tidak nyaman dari anak karena ia harus menghadapi orang baru tanpa orangtua atau pengasuhnya. Sehingga si anak bisa saja tidak percaya diri karena tidak didampingi itu tadi.

 

Apa yang harus dilakukan? Cobalah untuk mengajak anak bertemu dengan anak-anak lain, mediasikan, kenalkan satu sama lain terlebih dahulu. Jelaskan pula, bahwa setelah sekolah, ia tetap akan bertemu dengan Anda, jadi ketakutannya tidak akan berlangsung lama. Beritahu juga ke si anak bahwa guru-guru dan teman-teman barunya adalah orang baik yang bisa diajak main dan tidak perlu ditakuti.

 

Balita Merasa Bingung

Bisa jadi anak sulit beradaptasi hanya karena ia sedang bingung terjadap kondisi baru yang ditemuinya, karena mereka berbeda dengan ayah dan ibunya yang biasa ditemui di rumah. Hal ini sangat lumrah karena bukan kebiasaan yang sering dia temui seperti biasanya. Cara megatasinya adalah dengan mengajak anak mengenal lingkungan sekolahnya setelah pulang sekolah, atau bahkan bisa juga dikenalkan sebelum pelajarn dimulai. Selain itu, Anda juga dapat mengajak anak untuk menceritakan apa yang mereka temui di sekolah serta pengalaman bersekolahnya pada hari itu. Supaya anak jadi merasa lebih nyaman. Ketika anak pertama kali menginjakkan kaki di lingkungan baru, usahakan untuk terus bersama anak dan mendampinginya. Pada usia 1-2 tahun, pada usia ini anak cenderung untuk ingin bermain dan bertemu dengan orang lain, akan tetapi mereka masih membutuhkan orangtuanya.

 

Setelah mengetahui beberapa alasan tadi, apa yang harus dilakukan orang tua untuk mengatasinya? Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk membantu si anak mengatasi rasa takut ketika di lingkunga sekolah.

 

Memberikan Gambaran Kepada Anak

Sebelum menghadapi lngkungan baru, cobalah untuk memberi gambaran kepada anak. Jelaskan lingkungan baru yang akan mereka masuki, sehingga mereka tidak terlalu kaget ketika menghadapi lingkungan baru tersebut.

 

Kenali Dulu Mood Anak

Ketika anak sedang senang atau jengkel akan sangat kelihatan. Maka dari itu sebelum mengenalkan pada anak, lihat dahulu bagaimana kondisi mood anak, apakah dia dalam kondisi tidak ngantuk, sehat, tidak rewel atau lainnya. Dengan mengetahui mood si anak terlebih dahulu, maka proses pengenalan tentang lingkungan sekolah akan lebih lancar.

 

Memberi Rasa Aman

Pada usia 1-2 tahun, anak biasanya memiliki sebuah benda yang bias memberinya rasa aman, seperti boneka atau selimut untuk membantunya menghadapi lingkungan baru. Biasanya si anak punya benda kesayangan kan ya? Benda tersebut bisa mengurangi rasa keterasingannya di tempat baru dan bisa menenangkannya. Anda bisa memberikan benda tersebut dan katakan padanya dia akan aman karena ada benda kesayangan yang setia menemaninya.

 

Itu tadi beberapa cara untuk membuat anak cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. Apabila cara sederhana tersebut telah dilakukan, namun si anak masih belum bisa beradaptasi dengan cukup baik, Anda dapat membawa anak ke psikolog untuk membantu Anda dan anak menyelesaikan permasalahan ini.