Mengenalkan Anggota Tubuh pada Anak

mengenalkan-anggota-tubuh-pada-anak

Periode emas pertumbuhan anak berlangsung pada usia 1 hingga 2 tahun. Di masa itu juga, anak mulai belajar mengenal anggota tubuhya. Anak usia 1,5 tahun umumnya sudah mengetahui nama-nama dari anggota tubuhnya, namun belum bisa menyebutkannya dengan jelas.

Pengenalan anggota tubuh dan fungsinya harus secara benar diajarkan kepada anak sejak dini. Sebagai oraang tua yang baik dan memiliki perhatian penuh untuk buah haati tercinta, kita haarus berperaan aaktif mengajarkannya tentang hal ini. Ada beberapa cara untuk mengenalkan anggota tubuh dan fungsinya kepada anak.

  1. Mengenalkan anggota tubuh anak melalui lagu.

Anak-anak sangat mudah belajar, terutama melalui nyanyian. Sesekali nyanyikanlah lagu-lagu seperti “head, shoulder, knees, and toes”, “dua mata saya”, atau “my eyes,my ears, my nose, my mouth” bersama anak, sambil tunjukkan anggota tubuh kita yang disebut dalam lagu tersebut.

Awalnya anak hanya akan memperhatikan dan meniru gerakan kita, namun lama-lama mereka akan mengerti nama dari anggota tubuh yang disentuh atau ditunjuk.

  1. Bermain tebak-tebakan.

Anak-anak paling suka diajak bermain, apalagi jika permainan itu memberikannya ruang untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Bermain tebak-tebakkan merupakan suatu cara yang menyenangkan bagi anak untuk mengenali anggota tubuhnya. Mulanya, tunjuk satu anggota tubuh anda dan sebutkan namanya.

Biarkan anak memperhatikan dan menirukan anda. Kemudian, tanyakan “mana tangan adik?”, “mana kaki adik?”, dan bagian tubuh lainnya. Anak akan dengan bangga menunjukkan anggota tubuhnya yang Anda tanyakan.

Jika anak mampu menjawab dengan benar, berikan pujian yang sewajarnya. Jika anak keliru menjawab, berikan pembetulan dari jawabannya, jangan langsung menyalahkan jawabannya.

  1. Mandi bersama.

Tidak banyak orang tua yang mau mandi bersama dengan anaknya yang masih kecil, karena beberapa alasan. Padahal, mandi bersama anak bisa menjadi waktu yang sangat baik untuk memperkenalkan anak dengan anggota tubuhnya, sekaligus mengajarkan perbedaan dan fungsinya.

Sesekali cobalah untuk mandi bersama anak dan memperkenalkan fungsi anggota tubuhnya. Dengan begitu anak akan lebih mengerti dan percaya diri dengan anggota tubuhnya.

  1. Pengenalan anggota tubuh melalui cerita.

Anak-anak menyukai segala hal yang menyenangkan termasuk cerita. Bercerita bisa menjadi media bagi anak untuk belajar mengenal anggota tubuhnya. Sesekali ceritakan pada anak Anda tentang rambutnya yang hitam dan lebat, atau tentang mata dan hidungnya yang indah.

Jelaskan juga fungsi dari anggota tubuhnya tersebut, misalkan “Ini kaki adik ada dua. Kakinya adik untuk berjalan dan berlari ya”. Selain bercerita secara langsung pada anak, kita juga bisa menggunakan media boneka untuk bercerita.

  1. Belajar anggota tubuh melalui buku bergambar.

Gambar bisa menjadi media menarik bagi anak untuk belajar mengenai nama-nama anggota tubuhnya. Gambar akan mempermudah anak dalam berimajinasi mengenai letak-etak anggota tubuhnya. Belaajar dengaan gambaar juga dapat diterapkaan pada aanak usia sekolah dasaar, untuk mengetahui organ tubuh manusia.

Seperti mengetahui di mana letak jantung, di mana letak paru-paru, di mana letak lambung, dan banyak lagi. Anak juga lebih bisa membayangkan tentaang bentuk organ dalam yang tak kasat maata olehnya.

Seperti bagamana bentuk lambung, seberapa panjang usus manusia, seberapa besar jantung manusia, dan banyak lagi.

Semoga artikel di atas bermanfaat. Mengetahui anggota tubuh baik anggota tubuh bagiaan luaar dan dalam adalah yang sangat penting bagi anak. Dengan mengenali tubuhnya, anak akan lebih peduli dalam menjaga kesehatan dirinya.

Dengan inisiatif menjaga kesehaatan diri sendiri, anak akan membatasi perilakunya sendiri, maanjauhi hal yang dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan dirinya.

Hal ini akan sangat meringankan tugas orang tua sebagai pengawas anak. Oleh karena itu, kenapa tidak kita mulai mengenalkan anak pada anggota tubuhnya mulai dari sekarang?