10 Ciri Anak Bergizi Baik

anak-bergizi

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan kalimat ’10 ciri anak bergizi baik’. Tulisan ini kerap tercantum dalam produk susu anak. Tulisan ini tentunya telah didahului dengan riset yang jelas. Sebagai orang tua, tentu kita selalu mengupayakan agar anak tercukupi gizinya. Lalu bagaimana kita tahu bahwa anak kita telah tercukupi gizinya?

Mari simak 10 ciri anak bergizi baik berikut:

  1. Bertambah usia, bertambah pula tinggi dan berat badannya

Anak harus bertambah tinggi dan berat badannya. Pertambaahan ini juga sifatnya ideal, seimbang antara tinggi dan berat badan. Sebagai pedoman, anda bisa mengunjungi website IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) untuk mengetahui pertambahan tinggi dan berat badan yang ideal sesuai usia. Anda bisa melihat tabel BMI (Body Mass Index) untuk anak dalam hal ini untuk menentukan apakah postur tubuh mereka telah ideal. Perlu dicatat bahwa pertumbuhaan dan Body Mass Index untuka anak laki-laki dan perempuan tentunya berbeda.

  1. Tubuh tegap dan otot padat

Perhatikan postur tubuh anak. Apakah ia bisa berdiri tegak (tidak bungkuk) dan lurus (tidak bengkok ke samping). Mintalah pula anak anda untuk membungkuk hingga tangannya menyentuh mata kaki dan perhatikanlah. Normalnya akan terlihat lengkungan tulang belaakang jikaa dilihat dari samping. Jika dilihat dari belakang, lengkungan tulang belakang akan taampak seperti dua punuk. Keduanya harus simetris. Jika tidak, ada kemungkinan anak menderita scoliosis.

Perhatikan pula otot anak. Apakah padat ataukah kenyal. Bila otot tidak padat, berarti anak anda kekurangan nutrisi. Terutama nutrisi kalsium.

  1. Rambut kuat dan berkilau

Rambut anak lebat, tidak mudah rontok, tidak kusam, dan warnanya tidak kemerahan. Rambut yang baik menandakan nutrisi zinc dan vitamin C telah terpenuhi dengan baik. begitu pula sebaliknya.

  1. Kuku dan kulit bersih

Kuku bersih, kulit mulus dan tidak kusam. Jika anak anda telah memenuhi persyaratan ini, berarti konsumsi vitamin A, C, dan E sudah cukup. Jika tidak, anda bisa berikan menu ikan sebagai makan malamnya.

  1. Wajah ceria, mata bening, dan bibir segar

Gizi yang baik akan berpengaruh besar pada kondisi kejiwaan seseorang. Anak yang gizinya terpenuhi dengan baik akan lebih tenang hatinya dan wajahnya pun akan tampak ceria.

Matanya bening karena konsumsi vitamin A dan C telah memadai. Bibir yang segar dan merah muda karena konsumsi vitamin E dan zinc terpenuhi.

  1. Gigi bersih dan gusi merah muda

Gigi anak putih bersih dan gusi berwarna merah muda segar, juga tak mudah berlubang atau berdarah. Ini berkaitan dengan konsumsi asam folat, niasin, riboflavin, dan sianokobalamin.

  1. Nafsu makan baik dan Buang Air Besar lancar

Nutrisi yang baik akan meningkatkan nafsu makan anak. Konsumsi serat yang cukup akan meringankan kerja sistem pencernaan anak. Anak akan rutin Buang Air Besar, tapi juga tidak diare. Nutrisi serat bisa diperoleh dengan konsumsi sayuran.

  1. Gerakan aktif dan bicara lancar sesuai usia

Gerakan aktif dan bicara yang baik melibatkan fungsi dari sistem saraf. Terutama fungsi motoric saraf. Berikan zat besi, zinc, vitamin B, dan yodium yang juga berfungsi sebagai neurotransmitter (memacu kerja penghantaran sinyal di saraf).

  1. Penuh perhatian dan bereaksi dengan aktif

Perkembangan saraf berpengaruh pada kecerdasan. Anak cerdas akan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu merespon segala sesuatu dengan cepat. Berikan omega 3 yang banyak terkanduung dalam ikan salmon dan protein, untuk meningkatkan kinerja saraf.

  1. Tidur dengan nyenyak

Apabila metabolism tubuh bekerja baik, tubuh akan merasa tenang. Hal ini membuat tidur anak menjadi nyenyak. Anak menjadi jarang terbangun di malam hari.

Sepuluh ciri di atas sangat patut menjadi pertimbangan orang tua dalam upaya pemenuhan gizi anak. Kini pertanyaannya adalah, sudahkah gizi anak kita tercukupi?