6 Cara Menghilangkan Stres Yang Paling Efektif

Cara Menghilangkan Stres

Stres merupakan salah satu penyakit yang dapat merambat ke penyakit lainnya. Walaupun tubuh sehat, namun ketika seseorang sedang stres berat, orang tersebut bisa saja terkena penyakit. Maka dari itu jangan anggap remeh soal stres. Berikut ini beberapa Cara Menghilangkan Stres. Yuk disimak!

  1. Keluarlah Sejenak , Hirup Udara Segar dan Lihat PemAndangan

Saat Anda dilAnda stres maka langkah awal yang harus segera Anda lakukan adalah dengan meninggalkan ruang, tempat dan melepaskan kenatan Anda sejenak untuk mencari udara segar seketika itu pula. Hal itu mampu menenangkan diri Anda dari tekanan permasalahan yang mampu menggunjang kestabilan mental dan jiwa Anda. Temukan tempat dengan udara yang segar dan memiliki pemAndangan indah. Jika beban permasalahan masih mendera maka dipagi harinya Anda bisa mencoba berjalan-jalan di pagi hari temukan tempat yang sejuk dan memiliki pemAndangan indah namun terdapat sinar matahari pagi.

  1. Manjakan Diri Dengan Mandi atau Berendam

Jika Anda belum sempat jalan-jalan atau berpergian, cara menghilangkan stres paling mudah dan cepat yaitu dengan memanfaatkan air. Anda bisa menggunakan air hangat untuk berendam ataupun mandi. Jika tidak ada maka lakukan mandi dengan air hangat dan guyur dengan air secara perlahan sembari nikmati setiap basuhan air di tubuh Anda. Sudah sejak lama diyakini bahwa air memiliki efek yang sangat baik untuk penyembuhan maupun penenangan diri. Saat sesorang berada dalam air pikiran akan merasa tenang dan tubuh juga merasa sangat nyaman. Selain itu efek air sendiri memang memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh. Rasakan kenyamanan tersebut sehingga pikiran Anda lebih rileks dan tenang.

OLAHRAGA

  1. Lakukan Olahraga yang Anda Gemari

Olahraga selain baik bagi kesehatan tubuh juga sangat baik untuk kesehatan jiwa. Saat Anda dilAnda stres maka olahraga merupakan salah satu kegiatan yang bisa dijadikan pilihan untuk mengatasinya. Saat berolahraga tubuh kita juga meningkatkan produksi hormon Endorphin, yaitu hormon yang mampu memberi ketenangan bagi pikiran. Apalagi olahraga yang dilakukan merupakan olahraga kesukaan Anda.

  1. Tenangkan Diri dan Bayangkan Tempat yang Indah Serta Nyaman

Jika dalam keadaan stres tetapi Anda tidak mampu meninggalkan ruangan kerja untuk sekedar mencari udara segar maka Anda bisa mencoba untuk menenangkan diri dan mengatasinya dengan imajinasi. Kita hanya perlu membayangkan tempat yang nyaman dan indah seperti pemandangan laut, pantai, langit biru, gunung, perbukitan,  atau suasana yang Anda sukai. Pokoknya tempat yang segar dan Anda senangi.

YOGA MUSLIM

  1. Meditasi dan Yoga

Meditasi maupun Yoga sudah lama dikenal sebagai kegiatan yang sangat baik dalam mengontrol emosi dan pikiran. Banyak pakar yang mengakui dampak dari meditasi dan Yoga sangat baik bagi kondisi jiwa seseorang. Bahkan menurut hasil penelitian melakukan meditasi selama 15 menit sudah menyamai kebugaran tubuh saat melakukan olahraga selama 1 jam, apalagi bagi pikiran. Apabila stres yang menerpa Anda dirasa semakin berat maaka ada baiknya melakukan meditasi maupun Yoga secara rutin selama 5 menit sehari.

  1. Curhat Dengan Teman, Sahabat, atau Kerabat

Cara selanjutnya adalah dengan bercerita kepada orang terdekat, bisa kepada teman, sahabat atau kerabat. Hal tersebut mempunyai dampak signifikan untuk mengurangi stres yang Anda alami. Bahkan menurut penelitian orang yang tertutup memiliki presentasi lebih besar mudah mengalami stres dari orang yang membuka diri dan sering berbicara dan berbagi permasalahan dengan orang lain. Selain itu berbagi cerita atau curhat dengan teman mungkin akan memberikan kemungkinan Anda mendapat solusi dari permasalahan tersebut.