Makna Simbol pada Label Pakaian

simbol label

 

Di dunia konveksi terdapat berbagai macam kain yang memiliki ciri khas atau karakteristik yang berbeda-beda. Beberapa jenis kain yang seringkali digunakan dalam membuat pakain antara lain yaitu cotton combed, cotton carded, denim, hyget, polyester, canvas, dan masih banyak lagi macam-macam jenis kain lainnya yang digunakan untuk pembuatan pakaian yang berbeda-beda. Setiap kain yang digunakan memiliki karakteristik tertentu seperti contoh kain kaos yang terbuat dari cotton combed memiliki karakteristik mudah melar sehingga tidak boleh dicuci di mesin dengan kecepatan tinggi, atau kain denim memiliki karakteristik yang tebal dan tidak boleh dicuci menggunakan pemutih karena akan menghilangkan warna asli kain. Karakteristik yang dimiliki setiap kain tersebut membuat pakaian jadi yang dibuat memiliki simbol tertentu yang biasanya terdapat pada label. Sehingga perawatan pakaian yang dibeli bisa disesuaikan berdasarkan pertunjuk yang terdapat pada simbol. Simbol-simbol yang ada di pakaian pastinya juga sudah tidak asing lagi bagi kita seperti gambar segitiga, setrika, simbol bak cuci hingga simbol lingkaran. Ada beberapa orang yang memang mengerti benar makna simbol yang terdapat pada pakaian tersebut. Akan tetapi banyak juga orang-orang yang tak mengerti simbol tersebut padahal sangat penting untuk perawatan pakaian. Padahal jika kita tidak memperhatikan simbol-simbol petunjuk perawatan pakaian tersebut bisa jadi pakaian yang kita miliki tidak akan awet. Jika Anda belum mengetahui makna-makna dibalik simbol tersebut maka di bawah ini ada makna beberapa simbol yang bisa membantumu untuk melakukan perawatan pada pakaian Anda atau kaos keluarga kompak kesayangannya :

  1. Simbol Temperatur

Simbol temperature ini fungsinya untuk mengatur suhu atau temperature yang dibutuhkan atau yang dapat ditolerir oleh pakaian. Simbol ini ditandai dengan bak berisi air yang terdapat angka-angka besaran derajat suhu air seperti 40o, 50o , 70o, 95o dan derajat suhu lainnya yang sesuai dengan karakteristik kain. Namun pada umumnya simbol temperatur pada label pakaian ditandai dengan simbol bak air yang tidak terdapat tulisan derajat temperatur. Simbol tersebut menunjukkan bahwa pakaian yang Anda miliki bisa dicuci dalam suhu normal. Sebenarnya simbol bak cuci atau bak air ini menunjukkan bahwa pakaian Anda tersebut boleh dicuci menggunakan mesin cuci.

 

  1. Simbol Pemutih

Pasti simbol segitiga pada label pakaian Anda sudah menjadi simbol yang familiar. Namun apakah Anda sampai sekarang sudah mengerti arti di balik simbol tersebut? Simbol segitiga itu merupakan makna dari pemutih. Jika pada label pakaian Anda terdapat simbol segitiga maka pakaian Anda tersebut boleh dicuci dengan menggunakan pemutih. Sedangkan jika simbol segitiga dengan tanda silang menunjukkan bahwa pakaian Anda tersebut tidak boleh dicuci menggunakan pemutih.

 

  1. Simbol Pencucian

Simbol pencucian ini dilambangkan dengan gambar bak cuci atau bak air. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa bak air kosong menggambarkan bahwa pakaian Anda boleh dicuci dengan mesin cuci. Jika terdapat simbol silang pada gambar tersebut maka memiliki makna bahwa tidak boleh dicuci. Jika pada label pakaian Anda terdapat simbol bak cuci dengan gambar tangan yang dicelupkan itu berarti pencucian pakaian Anda tersebut tidak boleh dicuci dengan mesin cuci dan harus dicuci dengan tangan atau manual.

 

  1. Simbol Dry Clean

Dry clean ini merupakan cara mencuci untuk menghilangkan noda-noda yang membandel seperti noda cat, noda oli, noda tanah, atau noda-noda karena bahan kimia. Tentu saja menghilangkan noda yang membandel di pakaian Anda terkadang menjadi pekerjaan yang tidak mudah. Namun tidak semua pakaian itu boleh dicuci dengan metode dry cleaning karena konsekuensi dari proses mencuci dry cleaning ini akan membuat kain pakaian Anda bisa rusak, menipis, warna memudar, dan mengerut. Karena itu pulalah karena karakteristik kain berbeda-beda maka dari itu tak semua jenis kain boleh dicuci dengan dry cleaning. Logo dry cleaning pada pakaian disimbolkan dengan bentuk lingkaran. Jika terdapat simbol lingkaran pada pakaianmu maka itu menunjukkan bahwa pakain Anda boleh dicuci dengan metode dry cleaning. Namun jika terdapat tanda silang pada pakaian maka itu berarti pakaian tersebut tak boleh dicuci dengan cara dry cleaning.

 

  1. Simbol Pengeringan

Simbol pengeringan ini digambarkan dengan simbol lingkaran yang terdapat di dalam kotak persegi. Jika pakaian Anda memiliki simbol tersebut berarti pakaian Anda boleh dikeringkan dengan mesin. Namun jika terdapat titik lingkaran hitam pada simbol tersebut maka pakaian boleh dikeringkan dalam mesin pengering namun dengan syarat menggunakan suhu rendah. Namun tak semua pakaian boleh dikeringkan melalui mesin pengering. Jika terdapat simbol lingkaran di dalam kotak tersebut dan terdapat tanda silang maka pakaian Anda tersebut tidak boleh dikeringkan dengan mesin pengering.

 

  1. Simbol Suhu Setrika

Pastinya simbol setrika juga salah satu simbol yang paling sering kita lihat. Memang simbol setrika ini memiliki makna pengaturan suhu setrika atau boleh tidaknya pakaian dirapikan menggunakan setrika. Jika terdapat gampar setrika tanpa gambar titik hitam kecil maka itu bermakna wahwa pakaian Anda boleh disetrika dengan temperature yang bebas. Sedangkan simbol setrika dengan satu titik maka temperatur atau suhu setrika harus disetting dengan suhu rendah. Jika dua titik maka boleh disetrika dalam suhu medium. Kemudian suhu tinggi digambarkan dengan adanya tiga titik dalam simbol setrika. Namun tak semua pakaian boleh disetrika maka simbol setrika dengan tanda silang menunjukkan jika pakaian Anda tak boleh disetrika.

 

  1. Simbol pemerasan Pakaian

Pasti Anda seringkali memeras pakaian ketika sedang mencuci. Namun ternyata tak semua pakaian itu boleh diperas. Simbol pakaian yang tak boleh diperas ditunjukkan dengan gampar kain yang diperas dengan tanda silang. Jika pakaian Anda tidak boleh diperas maka alternatifnya kamu bisa mengeringkan pakaian di dalam mesin pengering. Sehingga air yang ada di pakaian yang kamu cuci dapat berkurang dan cepat kering. Dengan cara tersebut kamu pun tidak perlu lagi memerak pakaianmu.

 

Itu tadi beberapa makna dari simbol-simbol yang seringkali terdapat di dalam label pakaian. Dengan memperhatikan petunjuk pada label pakaian maka pakaianmu akan lebih awet dan tidak rusak. Apalagi jika pakaianmu adalah baju kesayangan atau kaos keluarga kompak yang memiliki makna spesial bagi Anda pastinya tentu Anda tak ingin kaos tersebut menjadi rusak.  Selain itu pahami juga karakteristik bahan pakaian atau baju milik Anda sehingga jika tidak terdapat simbol-simbol tersebut yang terpasang pada label maka Anda tetap bisa melakukan perawatan pada pakaian Anda dengan benar.  Jika Anda ingin memiliki kaos yang berkualitas dengan kain yang awet dan mudah dalam perawatan maka bisa mencoba kaos family Jakarta dan kaos family bandung yang menyediakan berbagai macam produk di Nuqtoh.com