3 Tips Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Anak

Tips Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Anak

Dunia iptek memang berkembang sangat pesat. Bagaimana tidak? Bila dulu, kita mencari tahu sesuatu membutuhkan waktu yang lama dan cara yang relatif sulit, sekarang kita hanya tinggal mengetikkan beberapa key word pada smartphone dan jadilah dunia dalam genggaman.

Tak dipungkiri, melesatnya perkembangan smartphone dan aneka gadget lainnya, membuat anak-anak pun turut menikmati kecanggihannya. Anak-anak biasa memainkan beraneka games, baik yang sifatnya hiburan maupun edukatif. Namun, apa jadinya bila si kecil kencaduan gadget dan enggan lepas dari alat canggih tersebut? Bila anak telah asyik dengan mainannya, segala sesuatu pasti akan dilupakannya. Ia akan lupa makan, lupa mandi, dan bahkan bisa sangat marah bila mainan atau gadget-nya diambil dengan paksa. Berikut adalah tiga tBila anak telah asyik dengan mainannya, segala sesuatu pasti akan dilupakannya. Ia akan lupa makan, lupa mandi, dan bahkan bisa sangat marah bila mainan atau gadget-nya diambil dengan paksa. Berikut adalah tiga tips mudah mengurangi kecanduan gadget pada Anak:

main keluar rumah

  1. Ajak anak main keluar rumah

Anak-anak pasti sangat senang bila diajak bermain ke luar rumah seperti, bermain layang-layang di lapangan, menangkap kupu-kupu di taman, atau bersepeda mengitari kompleks. Selain membuat anak lupa akan asyiknya bermain gadget, udara segar juga akan membuat otak mereka mensuplai banyak oksigen sehingga membuat mereka lebih sehat dan aktif.

  1. Beri jadwal bermain gadget

Ada baiknya membuat jadwal untuk si kecil dan memberi pengertian padanya bahwa, ada saat-saat tertentu ia harus belajar, makan, mandi, beribadah, dan berkumpul bersama keluarga. Misalnya, hari Senin hingga Jum’at ia harus melakukan aktivitasnya tanpa gadget, lalu Sabtu dan Minggu ia baru boleh menggunakan gadget-nya. Lalu, beri si kecil reward berupa hadiah atau makanan kesukaannya bila ia mematuhi jadwal yang Anda buat.

install games edukatif

  1. Hanya install games edukatif

Apabila kedua cara di atas tidak mampu membuat si kecil jauh dari gadget-nya, kini saatnya Anda mengambil langkah tegas. Anda bisa menghapus seluruh games pada gadget-nya dan menonaktifkan jaringan internetnya. Lalu, langkah selanjutnya Anda bisa meng-install games edukatif yang akan membuat si kecil tidak sadar bahwa mereka sedang bermain sambil belajar.

 

Demikian tips-tips untuk mengurangi kencanduan gadget pada anak. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.