12 Manfaat Mendongeng Untuk Anak

Manfaat Mendongeng Untuk Anak

Mungkin hampir semua orang pernah dibacakan atau diceritakan sebuah dongeng. Selain menyenangkan, ternyata banyaak sekali manfaat mendongeng untuk anak. Apakah Anda pernah membacakan dongeng untuk anak? Jaman modern ini jarang sekali orang tua menerapkan hal satu ini. Padahal mendongeng memberikan banyak manfaat untuk si anak. Apa saja sih manfaatnya?

 

  1. Melatih Kemampuan Mendengar

Dalam kegiatan mendongeng, anak diajarkan untuk mendengarkan cerita kita dari awal sampai akhir. Jika anak dilatih untuk mau mendengar sejak kecil, tentu akan baik bagi perkembangannya kelak. Hal ini tentunya akan berguna ketika si anak sudah memasuki masa sekolah. Dia akan lebih mudah menerima pelajaran karena sudah sering dilatih untuk mendengar. Dia juga akan lebih menghargai apa yang telah dikatakan oleh orang lain.

 

  1. Melatih Konsentrasi

Jika anak telah mau mendengar ketika diceritakan dongeng, tentunya konsentrasinya akan terlatih. Apalagi jika cerita yang kita berikan menarik, pasti anak akan memperhatikan dengan penuh konsentrasi karena tak ingin terlewat secuilpun bagian dari dongeng yang kita berikan.

 

  1. 3. Melatih Kemampuan Berbahasa

Ketika anak belum pernah didongengkan, kemampuan kosa kata mereka lebih minim. Dengan mendongeng ini, kosakata anak telah kaya karena dia sering mendengarkan. Apabila dia tidak tahu artinya, dia pun tidak sungkan untuk bertanya. Selain itu, kemampuan berkomunikasinya tentu akan terlatih juga.

 

  1. 4. Melatih Daya Ingat

Kok bisa? Nah, ketika si anak menyimak sebuah dongeng, tentu anak akan berusaha mengingat awal ceritanya, tokoh-tokohnya, sifat-sifat, dan tentunya kronologi ceritanya. Anda jadi bisa melihat seberapa jauh daya ingat anak Anda.

 

  1. Mengembangkan Imajinasi

Cobalah sesekali ajak anak terlibat dalam dongeng yang Anda berikan. Misalnya kita memotong bagian cerita kemudian meminta anak untuk mengkira-kira kelanjutan ceritanya. Atau kita bisa menyanyakan seandainya si anak yang menjadi tokoh cerita, apa yang akan ia lakukan lalu bagaimana cerita versinya. Disitu kita akan melihat bagaimana daya imajinasinya. Mereka akan menerka-menerka atau mencoba membuat cerita dengan versinya sendiri. Maka dari itu ide kreatifnya akan muncul sendiri.

 

  1. Menambah Wawasan

Tentu saja dengan semakin banyak dongeng yang kita sampaikan pada anak, wawasan anak akan bertambah semakin luas. Anda bisa mendongeng tentang fabel atau cerita rakyat dari daerah kita sendiri. Hal itu akan membuat wawasan si anak tentang daerah yang ada sekitarnya menjadi bertambah. Jika dongeng berasal dari daerah lain, tentu ada kebudayaan atau kebiasaan dari daerah tersebut disampaikan dalam dongeng, dengan demikian pengetahuan akan bertambah. Akan sangat bagus hasilnya untuk tumbuh kembang si anak.

 

  1. Meningkatkan Kedekatan dan Keakraban Dengan Anak

Jaman sekarang, kebanyakan orang tua hanya memberikan materi kepada anaknya. Padahal si anak juga ingin menghabiskan waktu dengan orang tuanya. Nah, kegiatan mendongeng ini merupakan aktifitas mengasyikkan yang dapat dilakukan orang tua dan anaknya. Dengan mendongeng, interaksi akan terjadi ketika kita bercerita, ekspresi-ekspresi yang muncul, ketakutan maupun tawa yang muncul saat kegiatan mendongeng dapat menambah keakraban dan mempererat kasih saying di lingkungan keluarga itu sendiri.

 

  1. Membuat Anak Senang

Orang tua mana sih yang tidak melakukan segala hal supaya anaknya senang? Pada dasarnya anak kecil memang suka akan cerita. Apalagi orangtuanya sendiri yang menceritakannya, pasti mereka akan sangat senang. Selain mendapat cerita, mereka juga akan lebih merasa disayang ketika orangtuanya meluangkan waktu untuk mendongengkan sebuah cerita.
Apalagi lagi jika dongeng disampaikan dengan alat peraga semacam boneka atau lainnya. bahkan menggunakan tangan kita sendiri pun juga bisa. Misalnya ketika mendongeng kisah Kancil dan Buaya, gunakan tangan kita sebagai buaya yang siap menerkam si kecil.

 

Bagaimana? Banyak sekali kan manfaat mendongeng untuk anak. Yuk luangkan waktu untuk mendongengkan cerita kepada anak Anda. Pastinya menyenangkan.