10 Snack Sehat Untuk Balita

snack sehat untuk balita

 

Adakah snack sehat untuk balita? Pasti orang tua banyak menanyakannya. Pastinya ada dong. Snack selain untuk mengganjal perut sebelum waktu makan tiba, bisa juga untuk melengkapi gizi anak. Disarankan agar anak mendapat dua kali makanan selingan setiap hari, antara sarapan dengan makan siang, serta antara makan siang dengan makan malam. Lalu snack mana saja yang cocok untuk balita? Berikut ini beberapa merk snack yang sehat untuk diberikan pada balita:

 

  1. Tao Kae Nori.Nori berbentuk lembaran kertas hijau ini enak dimakan langsung. Nutrisi yang terkandung di dalam nori bahkan tertinggi di antara rumput laut lainnya. Selain kaya serat, vitamin dan mineral seperti zat besi dan kalsium, kandungan proteinnya tidak kalah dengan kacang kedelai.

roma sari gandum

  1. Roma Sari Gandum. Biskuit ini lebih kaya serat, mineral dan vitamin, seperti vitamin B1, B2, B6 dan B12. Gandum utuh juga baik untuk melancarkan fungsi pencernaan, bekal untuk mencegah kanker usus.

jacob

  1. Jacob’s High Calcium Vegetable. Dalam camilan ini ada tambahan potongan sayur serta diperkaya dengan kalsium yang baik untuk tulang si kecil dan juga mengandung vitamin A untuk antibodi dan vitamin D untuk penyerapan kalsium.

 

  1. Sun Maid Raisins. Camilan satu ini rasanya manis dan mengandung kismis yang justru baik untuk kesehatan gigi dan gusi karena mengandung fitonutrien dan asam oleanolic yang menjaga kesehatan mulut. Kismis juga kaya antioksidan dan baik untuk kepadatan tulang.

 

  1. Biskuat Bolu.Pasti tidak asing ya dengan produk satu ini? Lezatnya bolu bisa dinikmati anak dalam kemasan yang potongannya pas masuk mulut sehingga sangat praktis. Selain mengandung susu dan gandum, bolu ini diperkaya vitamin (vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, D, dan E) serta mineral (selenium, yodium, seng, kalsium dan zat besi).

Cadbury Dairy Milk

  1. Cadbury Dairy Milk.Anak Anda suka cokelat? Bisa coba camilan satu ini. Di dalam cokelat terkandung flavonoid yang bagus untuk mencegah penyakit jantung dan kanker. Sejumlah penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi cokelat, kadar  antioksidan di dalam darah meningkat. Cokelat juga bagus dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah setelah beraktivitas fisik, misalnya olahraga.

 

  1. Orgran Mini Outback Animals. Camilan biskuit berbentuk hewan ini baik untuk anak-anak terlebih anak penderita autisme. Penelitian yang dilakukan oleh Unit Penelitian Autisme di Universitas Sunderland, Inggris, menemukan makanan bebas kasein (kandungan dalam susu) dan bebas gluten (ada dalam gandum, barley dan rye) baik untuk diet anak autis. Selain itu, camilan ini juga cocok untuk anak-anak yang punya alergi kacang dan telur.

 

  1. Dahfa Dried Fish Fillet. Camilan yang bentuknya seperti mie pendek yang sedikit kenyal ini bisa dimakan langsung atau ditaburkan di atas bubur ini mempunyai bahan dasar dari ikan. Karena terbuat dari ikan, camilan ini mengandung karbohidrat, protein serta mineral, seperti kalium dan kalsium.Walaupun aroma ikannya sedikit menyengat, tapi rasanya manis-gurih dan sedikit pedas. Jangan berikan camilan ini jika anak Anda tidak tahan pedas.

genji

  1. Genji Strawberry Pie. Stroberi menjadi pilihan lain selain coklat yang juga digemari anak-anak. Camilan ini memiliki rasa manis dari selai stroberi yang cocok dikombinasikan dengan tekstur pie yang sedikit kasar. Camilan ini lebih nikmat lagi bila ditemani dengan segelas susu. Camilan ini juga mempunyai kandungan vitamin C.

 

  1. Ubi Chips. Masa ubi dijadikan camilan sih? Jangan salah, ubi sudah jadi camilan yang mendunia karena kandungan nutrisinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ada karotenoid yang membantu menstabilkan gula darah hingga membantu metabolisme. Selain itu, ubi juga kaya akan serat, vitamin, mineral dan antioksidan.

 

Itu tadi beberapa camilan atau snack sehat untuk balita. Dari kandungan yang telah dijelaskan tadi, Anda dapat memilih mana saja yang cocok dan dibutuhkan untuk balita Anda.