10 Film Animasi Favorit Untuk Keluarga (Bagian 1)

Weekend biasanya digunakan untuk momen bersama keluarga. Bisa dengan pikning bersama, bersepeda bersama atau dengan kegiatan lainnya. Kegiatan apa nih yang biasa Anda lakukan di penghujung minggu ini? Jika Anda malas untuk jalan-jalan keluar, masih banyak kegiatan kok yang bisa dilakukan di dalam rumah. Misalnya saja dengan maraton menonton film. Tidak perlu film-film berat, cukup dengan film-film ringan pun bisa menjadi rekreasi tersendiri. Film animasi atau kartun bisa menjadi salah satu dari sekian pilihan. Walaupun film animasi atar kartun, banyak yang bisa kita dapat darinya. Senang dapat, inspirasi dan motivasi juga dapat, keren kan? Tentunya film ini tidak asik jika ditonton sendirian, ajak keluarga dong ya. Namun perlu diingat bahwa tidak semua film animasi atau kartun bisa ditonton anak-anak pada usia 7-12 tahun. Nah, sekarang saatnya kita bahas 10 film animasi atau kartun apa saja yang layak untuk ditonton saat weekend. Kita bahas 5 film dulu ya.

10 Film Animasi Favorit Untuk Keluarga

  1. Song of the Sea

Film Irlandia ini baru saja rilis pada 10 Juli 2015 yang lalu. Kepiawaian Tomm Moore meramu film ini bukan hanya pada animasinya saja, namun juga ide ceritanya. Song of The Sea ini menggunaka ide yang berakar pada budaya Celtic. Film berkisah tentang Ben yang begitu sayangnya pada sang Ibu, hingga suatu ketika Ben harus menerima kenyataan bahwa Ibunya, paska melahirkan adik perempuan– Saoirse, harus kembali ke laut karena ia adalah seorang Selkie (manusia-anjing laut). Imbasnya, Ben menyalahkan Saoirse atas kepergian sang Ibu. Dari film Song of Teh Sea ini kita bisa melihat relasi kakak-beradik antara Ben dan Saoirse. Walaupun Ben sikapnya sangat dingin pada Saoirse, dia selalu menyayanginya. Ben juga tidak tahu bagaimana rasanya ketika mengetahui Saoirse juga seorang Selkie. Film ini layak untuk ditonton. Banyak motivasi dan inspirasi yang dapat diambil dari film ini.

10 Film Animasi Favorit Untuk Keluarga

2. Inside Out

Satu lagi film Box Office yang rilis tahun 2015, “Inside Out”. Film yang bagus terkadang bisa membuat kita menangis tersedu-sedu sekaligus tertawa. Pete Docter menjadi sutradara dari film ini. Inside Out berkisah tentang Riley Andersen yang harus beradaptasi dengan lingkungan baru ketika keluarganya memutuskan pindah dari Minnesota ke San Francisco. Menariknya, film ini justru bukan menceritakan apa yang dialami Riley Anderson, namun apa yang terjadi di benaknya. Digambarkan ada lima emosi yang mempengaruhi hari-hari Riley: Joy, Sad, Anger, Disgust, dan Fear. Masalah muncul ketika Riley harus kehilangan Joy. Bisakah hari-hari Riley ceria tanpa Joy?
10 Film Animasi Favorit Untuk Keluarga

3. Big Hero Six

Tema-tema superhero biasanya disukai anak-anak. Jika biasanya superhero digambarkan sebagai tokoh yang kuat dengan penampilan menarik, Big Hero 6 justru memberi ide yang baru, lucu dan menggemaskan. Baymax merupakan sebuah robot yang awalnya diciptakan sebagai “healthcare companion”, diciptakan oleh Tadashi, kakak Hiro yang paling disayanginya. Paska Tadashi meninggal, Hiro tidak sengaja mengaktifkan Baymax. Hiro yang menyenangi robotic sempat putus asa karena microrobot temuannya dicuri orang lain. Dan mulailah petualangan Hiro dan Baymax serta teman-teman Hiro untuk menghentikan kekacauan akibat pencuri itu menggunakan microrobot untuk balas dendam.
10 Film Animasi Favorit Untuk Keluarga

 4. The Little Prince

Meski diadaptasi dari novel Antoine de Saint-Exupéry, film The Little Prince ini agak berbeda. Film ini mengambil sudut pandang seorang anak perempuan yang bertetangga dengan seorang pilot. Sang pilot tengah membuat cerita berjudul “The Little Prince”. Anak perempuan ini suka selaki dengan cerita yang dibuat sang pilot sehingga dia selalu mengunjungi sang pilot hingga suatu ketika sang pilot ternyata sakit dan dirawat di rumah sakit. Apa yang terjadi setelah itu?
10 Film Animasi Favorit Untuk Keluarga10 Film Animasi Favorit Untuk Keluarga

5. Ernest & Celestine

Mau yang sedikit komedi? Wajib menonton film yang satu ini, Ernest & Celestine. Film ini berkisah tentang pertemuan dan pertemanan antara seekor beruang dan tikus. Keduanya bisa dibilang sama malangnya, tapi malah di situlah yang menarik. Tidak banyak dialog, tapi yang pasti penonton bisa dibuat terpingkal dengan ulah si beruang atau si tikus kecil yang cerdik.
Nah, itu tadi film animasi atau kartun yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi akhir minggu kalian dengan keluarga ataupun teman. 5 film lainnya dibahas pada artikel selanjutnya ya.